HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sewa Lahan Rp2,5 Miliar untuk Pasar Darurat Klewer Disetujui Paku Buwono

1

SOLO, HARIANACEH.co.id – Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Paku Buwono (PB) XIII, menyetujui uang sewa lahan Alun-alun Utara Solo, Jawa Tengah, sebesar Rp2,5 miliar per tahun untuk pasar darurat pedagang Pasar Klewer. Nantinya, alun-alun menjadi lokasi sementara untuk para pedagang selama Pasar Klewer dibangun kembali.

“Saya sudah bertemu dengan sinuhun (PB XIII) dan menyampaikan soal kemampuan Pemkot surakarta untuk biaya sewa lahan Rp2,5 miliar per tahun. Sinuhun menyatakan setuju, dan titip agar kebersihan dan keamanan dijaga,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Surakarta, YF Sukasno, Selasa (3/2/2014).

PB XIII pun meminta pemkot menyerahkan pengelolaan area parkir kepada keraton. Nantinya, Raja Surakarta akan menunjuk pihak yang bertanggung jawab soal parkir.

Sukasno mengatakan PB XIII tidak dalam kondisi sehat. Saat ia mendatangi Keraton, PB XIII dalam keadaan berbaring dan berselimut.

“Sinuhun terlihat tidak sehat. Saya bertemu beliau dalam keadaan berbaring, pakai selimut. Saya lihat kok pucat ya. Terus tangan kanannya juga bengkak,” ungkap Sukasno.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta, Budi Suharto mengatakan Pemkot tidak masalah bila PB XIII meminta pengelolaan parkir.

“Itu kan milik keraton. Silakan saja kalau mengelola. Nantinya menjadi kewenangan kita soal pajak. Bahasanya itu bukan milik kita. Kalau parkir melekat pada kepemilikan, itu milik sana,” terang Budi Suharto.

Budi menambahkan Pemkot Solo akan mengenakan pajak atas pengelolaan parkir sesuai aturan. Yaitu besaran pajak ditetapkan 20 persen yang dihitung dari luasan lahan serta pendapatan parkir.

loading...