GAYA HIDUP

Lakukan 8 Upaya Ini, Jika Anda ingin Terhindar dari Kanker

HARIANACEH.co.id — Siapa bilang kanker itu adalah penyakit turunan dan tidak bisa dihindari? Anda salah besar jika beranggapan seperti itu. Memang benar, kanker bisa muncul lantaran bawaan genetik, tapi itu bukan berarti orang yang telah divonis memiliki bawaan kanker langsung menyerah begitu saja.

American Cancer Society mengungkapkan perilaku sehat dapat mencegah sekitar separuh dari kematian akibat kanker. Berikut beberapa tips yang dapat meningkatkan peluang melawan kanker menurut Dr Anne McTiernan dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle.

1. Jangan merokok

Zat yang terkandung dalam asap rokok dapat menjadi penyebab kanker. Untuk itu jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Jika Anda sudah mencoba untuk berhenti sebelumnya, jangan menyerah dan tunggu perubahannya.

2. Rajin periksa ke dokter

Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk kanker. Usus besar, payudara, prostat, leher rahim dan prostat harus dicek. Tanyakan pada dokter Anda tentang jarak waktu dan usia di mana Anda harus memulai. engetahui kanker sejak dini dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk menyembuhkan dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit itu.

3. Jauhi alkohol

Jika Anda gemar minum minuman beralkohol, cobalah untuk menguranginya. Jangan minum lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk perempuan.

4. Jauhkan kulit dari paparan sinar matahari

Untuk menghindari terjadinya kanker kulit, lindungi kulit dari sinar matahari. Gunakan tabir surya setiap kali pergi dan keluar ruangan. Sebaiknya gunakan yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi yang melindungi terhadap UVA dan UVB. Upaya lainnya, gunakan topi lebar dan kacamata hitam.

5. Jaga berat badan

Jaga berat badan dalam rentang normal sesuai dengan tinggi badan. Kegemukan atau obesitas bisa memicu Anda terkena kanker. Selalu rutin mengecek kondisi berat badan Anda. Caranya dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur.

6. Perhatikan asupan obat

Pertimbangkan konsumsi obat setelah konsultasi dengan dokter. Itu membantu Anda untuk mengurangi risiko kanker. Ada beberapa obat yang telah diuji dan ditemukan efektif untuk mengurangi risiko kanker.

7. Hindari paparan zat penyebab kanker

Pertimbangkan konsumsi obat setelah konsultasi dengan dokter. Itu membantu Anda untuk mengurangi risiko kanker. Ada beberapa obat yang telah diuji dan ditemukan efektif untuk mengurangi risiko kanker.

8. Jaga pola makan

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan nabati dikaitkan dengan risiko penurunan untuk beberapa kanker, terutama kanker usus besar. Jauhkan asupan daging merah tidak lebih dari 4 ons daging merah per hari, menghindari daging olahan seperti sosis, makan berbagai sayuran, jauhkan tepung-tepungan dan konsumsi buah-buahan setiap hari dan meminimalkan minuman manis, jus, makanan penutup dan permen, roti halus, dan keripik.

TERPOPULER

Keatas