INTERNASIONAL

Pilot Selfie Saat Bertugas, Pesawat Ini Celaka

HARIANACEH.co.id — Tren selfie kadang-kadang membuat orang bertindak ceroboh. Misalnya, selfie saat sedang bercinta, mengemudikan kendaraan, bahkan saat mengendalikan pesawat hingga berujung celaka.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) baru-baru ini mengumumkan, kecelakaan pesawat kecil yang menewaskan dua orang di Denver tahun lalu disebabkan selfie. Peristiwa yang menewaskan pilot, Amritpal Singh Dillon, dan seorang penumpang itu terjadi pada 31 Mei 2014.

Pesawat jenis Cessna 150K itu menghilang sesudah lepas landas dan kemudian ditemukan jatuh di ladang gandum. Seperti kecelakaan pesawat di negara kita, NTSB turun tangan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan dan mereka menemukan kamera GoPro.

Ketika data GoPro tersebut diteliti, terdapat rekaman sesaat sebelum kecelakaan, termasuk beberapa selfie.

“Rekaman GoPro menunjukkan bahwa pilot dan penumpang mengambil selfie dengan ponsel,” kata NTSB dalam laporan hasil penyelidikan, seperti dikutip Mashable.

Mereka menambahkan, karena penerbangan berlangsung pada malam hari, cahaya flash ponsel otomatis aktif, sehingga mengganggu konsentrasi pilot dan menimbulkan disorientasi spasial. Sebagai informasi, diorientasi spasial adalah istilah dalam dunia penerbangan yang merujuk pada ketidakmampuan sesorang menentukan posisi tubuhnya terhadap lingkungan di sekitarnya.

TERPOPULER

To Top