HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kasus Perkara Kobar Diakui Akil Dibicakan dengan BW di Mobil

1

HARIANACEH.co.id – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar mengakui pernah semobil dengan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW). Bahkan, mereka mendiskusikan perkara Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang sedang ditangani Akil.

“Pada saat itu kan BW ikut mobil saya. Dia mau pulang ke Depok. Nah, saya antarkan sampai Pasar Minggu. Di dalam mobil itulah pembicaraan-pembicaraan yang berkaitan dengan Perkara Kotawaringin Barat itu,” kata Akil usai diperiksa di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/2/2015).

Namun, Akil menampik jika ada transaksi uang yang diberikan BW kepada Akil sebagai ‘pengamanan’ kasus itu. Ia menegaskan hal tersebut tidak masuk dalam perbincangan keduanya. “Enggak ada pemberian transaksi,” aku Akil.

Dalam kasus ini, Akil bertindak sebagai hakim panel yang memimpin jalannya persidangan sengketa Pilkada Kotawaringin Barat pada 2010. Sementara, saat itu BW merupakan kuasa hukum pemohon yakni Ujang Iskandar.

Perkara sengketa pilkada ini dilaporkan kembali ke Bareskrim oleh Sugianto Sabran yang kemenangannya dibatalkan MK. Ia menuding BW mengarahkan para saksi untuk memberi keterangan palsu dalam persidangan. Alhasil BW kini berstatus tersangka.

loading...