HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Obat Sembuhkan Demam Berdarah Ditemukan Peneliti Universitas Airlangga

1

HARIANACEH.co.id – Peneliti dari Universitas Airlangga menemukan obat antidemam berdarah. Hasil uji klinis menunjukkan, obat berbentuk kapsul itu mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mematikan virus demam berdarah.

Ketua Tim Peneliti Profesor Nasronudin mengatakan, belum ada obat yang mumpuni dalam memberantas virus demam berdarah. Kasus penyakit ini di Jawa Timur pun sudah kian parah. Sebanyak 23 daerah di provinsi itu sudah menetapkannya sebagai kejadian luar biasa. Selin itu, penanganannya juga belum maksimal.

“Saat ini pengobatan untuk pasien demam berdarah di Indonesia hanya menggunakan penambahan cairan melalui infus dan pemantauan hingga memberi suplemen untuk mempertahankan daya tahan tubuh pasien,” kata Nasronudin, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (4/2/2015).

Hal ini memotivasi timnya mencari sebuah solusi. Mereka pun berhasil menciptakan kapsul penyembuh ini. Bahan-bahan obat ini rupanya tak mudah dicari. Pasalnya, bahan yang berasal tanaman bernama Melaleuca Alternifolia hanya tumbuh di wilayah Quennsland, Australia

Minyak yang terkandung dalam pucuk daun tanaman ini mampu membunuh pertumbuhan virus demam berdarah dalam sekali pengobatan. Ini merupakan hasil riset terhadap 530 pasien dari 5 rumah sakit dan 15 puskesmas di Jawa Timur.”Hasilnya, obat ini aman dikonsumsi untuk semua umur. Sebab, tidak ada efek yang ditimbulkan pada liver maupun ginjal manusia,” imbuh Nasronudin.

“Rencananya, obat anti-demam berdarah ini akan diserahkan ke badan POM sebelum diproduksi masal,” pungkas dia.

loading...