HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pengaturan Pemenangan Ujang Iskandar Disebukan Akil Mochtar

4

HARIANACEH.co.id – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar menyebutkan ada pengaturan agar Ujang Iskandar memenangkan Perkara Pilkada Kotawaringin Barat (Kobar) 2010. Saat itu, Akil bertindak sebagai hakim panel yang memimpin sidang.

“Memang ada (pengaturan pemenangan Ujang),” kata Akil di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/2/2015) malam.

Namun, Akil memilih bungkam saat dikonfirmasi lebih jauh terkait pengaturan pemenangan Ujang. Ia langsung masuk ke mobil Kijang Innova milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bernomol polisi B 1372 URF.

Ujang Iskandar merupakan Bupati Kobar selama dua periode sampai saat ini. Namun pada Pilkada 2010, ia sempat kalah dengan pesaingnya, Politikus PDIP Sugianto Sabran, dalam penghitungan suara versi KPUD.

Ia pun mengajukan sengketa pilkada ke MK dan mendapuk Bambang Widjojanto, yang saat ini menjadi wakil ketua KPK, sebagai pengacaranya. Singkat cerita, Ujang memenangkan sengketa pilkada Kobar dan memupuskan harapan Sugianto menjadi Bupati.

Perkara sengketa pilkada itu dilaporkan Sugianto Sabran ke Bareskrim baru-baru ini bertepatan dengan memanasnya hubungan KPK-Polri. Ia menuding BW mengarahkan para saksi untuk memberi keterangan palsu dalam persidangan. Alhasil BW kini berstatus tersangka.

loading...