HARIANACEH.co.id — Bruce Jenner telah membulatkan tekad menjadi seorang transgender. Ayah tiri Kim Kardashian ini menyiapkan dana USD250 ribu (Rp3,3 miliar) untuk menyokong proses transformasi tersebut.

“Dia (Bruce) berkata, hanya ingin jujur pada identitasnya,” ungkap ibu Bruce, Esther Jenner.

Wanita berusia 88 tahun ini bangga pada keputusan anaknya. Pasalnya, butuh keberanian besar untuk memutuskan menjadi seorang transgender.

“Aku  bilang, aku bangga kepadanya dan aku akan selalu mencintainya. Aku tidak pernah berpikir bisa lebih bangga kepada Bruce selain kala ia mampu meraih impiannya sebagai atlet pada 1976. Tapi nyatanya, aku lebih bangga kepadanya sekarang,” tambah Esther.

Baca Juga:  Raffi Ahmad Merasa Tegang Saat Tiba di Rumah Gigi
Bruce Jenner 1
Bruce Jenner dan lima putrinya (Daily Mail)

Mengenai rincian dana Rp3,3 miliar, dijelaskan seorang dokter bedah Beverly Hills bahwa biaya tersebut mencakup perawatan dan operasi pengantian kelamin.

“Hair removal di bagian wajah dan dada kadang diperlukan setidaknya delapan hingga sepuluh sesi. Biayanya bisa mencapai USD2.500 hingga USD 5 ribu,” jelas Dr Ashkan Ghavami, dokter bedah plastik yang menangani Bruce.

Bruce pernah mengatakan ingin menyewa seorang terapis suara, yang harga sewanya mencapai USD5 per jam.

Sementara itu, butuh USD2 ribu untuk program ekstensi set pertama. Jika Bruce setuju, Ghavami berencana menawarkan program rhinoplasty (operasi memperbaiki bentuk hidung). Operasi ini akan menelan biaya USD15 ribu hingga USD18 ribu USD.

Untuk mempertegas wajah Bruce layaknya perempuan, Ghavami juga akan melakukan feminisasi wajah. perawatan ini membutuhkan biaya USD15 ribu.

Baca Juga:  Akhirnya Jono "GBS" Resmi Menjadi Duda

“Feminisasi wajah menjadi langkah yang bagus untuk menghasilkan efek dramatis. Ini benar-benar tantangan yang menyenangkan bagi saya. Sebagai dokter, saya bangga bisa melakukan ‘keajaiban’,” kata Ghavami yang dikutip Mirror, Kamis (5/3/2015).

Selain perawatan yang dijabarkan di atas, masih ada serangkaian perawatan lain yang harus dilewati Bruce. Salah satunya, operasi pergantian kelamin.

“Ini termasuk penghapusan testis dan penghapusan jaringan penis untuk membuat kubah vagina dan labia. Ini bisa menghabiskan biaya antara USD50 ribu hingga USD100 ribu. Bergantung hasil akhir operasi,” tandasnya.

loading...