HARIANACEH.co.id¬†—¬†Jakarta dipastikan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu 2015 setelah ada penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) dengan Federasi Wushu Dunia (IWUF) di Hotel Sultan Jakarta, Kamis 5 Maret.

Sesuai nota kesepahaman, Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 ini akan mempertandingkan 56 nomor dari kategori taulo (jurus) maupun sanda (tarung). Empat nomor di antaranya adalah jurus tradisional.

“Kejuaraan akan berlangsung di Istora Senayan, 13-18 November nanti. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan bergengsi ini,” kata Sekretrais Jenderal PB WI Iwan Kwok, usai penandatanganan MoU.

Menurut ia, dalam dokumen MoU yang telah dilakukan juga sudah dijelaskan dengan hak dan kewajiban tuan rumah. Selain itu juga dijelaskan hak dan kewajiban dari pihak IWUF. Dengan demikian, semuanya tinggal dilaksanakan.

Baca Juga:  Hasil Kualifikasi GP Valencia: Pole Position Terkahir Lorenzo Bersama Yamaha

Sebagai tuan rumah, Indonesia harus menyiapkan lokasi pertandingan serta pendukungnya. Bahkan, juga menyiapkan akomodasi bagi negera peserta. Sedangkan IWUF salah satu tugasnya adalah mengundang
peserta.

“Lokasi pertandingan harus sesuai dengan standar IWUF. Istora sudah tepat. Untuk peserta wewenang IWUF. Yang jelas anggota aktif kurang lebih 80 negara akan diundang pada kejuaraan ini,” katanya menambahkan.

Karena status kejuaraan yang digelar juga besar, biaya yang dibutuhkan menurut Iwan Kwok mencapai Rp10 miliar. Pihaknya berharap, pemerintah dalam hal ini Kemenpora bisa membantu. Apalagi wushu telah mampu mengharumkan nama Indonesia di level internasional.

Penandatangan MoU dihadiri Ketua Umum PB WI Supandi Kusuma dan Wakil Presiden IWUF Antony Goh. Sementara itu, wakil pemerintah dalam hal ini Kemenpora dihadiri Djoko Pekik Irianto serta perwakilan KONI DKI Jakarta dan pengurus provinsi WI.

Baca Juga:  Musim 2014/2015, Fletcher Targetkan MU Juara Liga

“Di sela kejuaraan dunia ini juga akan dilakukan pemilihan Presiden IWUF. Jadi ada dua acara sekaligus pada November nanti,” kata Supandi Kusuma.

Sementara itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Djoko Pekik Irianto mengatakan, ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan hal yang luar biasa. Dengan demikian pihaknya akan memberikan dukungan demi suksesnya kejuaraan ini.

Menurutnya, wushu merupakan cabang olahraga yang mampu mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional. Untuk itu pihaknya berharap, atlet-atlet Indonesia mampu lebih berprestasi lagi. Apalagi, sebelum kejuaraan dunia digelar, ada event dua tahunan SEA Games 2015 yang digelar di Singapura.

loading...