BUDAYA

Cyclop ; Si Batu Mewah Dari Papua

HARIANACEH.co.id — Demam batu akik juga sampai ke ujung timur Indonesia yakni di Papua. Masyarakat di sana kini juga tengah ramai memburu akik. Salah satu yang dicari yakni akik Cyclop.

Tanah Papua kaya akan batu akik (gemstone). Di antara batu yang jadi andalan provinsi paling timur Indonesia ini adalah Batu Cyclop. Batu jenis ini paling dicari. Perburuan pun dilakukan di kawasan pegunungan.

“Batu jenis ini berasal dari Pegunungan Cyclop, Jayapura. Pencariannya di lakukan di sungai-sungai yang banyak di sini,” ujar warga Jayapura dan juga seorang kolektor batu akik, Irfan, Jumat (6/3/2015).

Menurutnya, perburuan Batu Cyclop baru ramai sebulan ini. Soal harga tergantung kondisi, namun harganya tetap selangit, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. “Warnanya banyak, merah, hijau, kuning, hitam, ada juga yang putih,” katanya.

Kontur Papua yang dikelilingi pengunungan tinggi, memang kaya akan batu alam. Saat demam batu akik melanda Indonesia, kolektor pun mulai membidik aneka jenis batu dari Papua.

TERPOPULER

To Top