HARIANACEH.co.id — Jantung merupakan organ tubuh yang sangat berharga yang harus dijaga agar tetap sehat. Menjaga kesehatan tidak pernah ada kata terlambat, dan ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan sehat.

Anda mungkin tahu bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, Anda perlu berolahraga secara teratur. Namun jika tidak diimbangi dengan pola makanan yang sehat, ini sama saja seperti melakukan ikhtiar tanpa doa.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk jantung Anda.

– Buah berri
Buah berri terutama blueberry dan stroberi mengandung flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Stroberi dan blueberry juga mengandung senyawa yang dapat membantu memperluas arteri dan mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah.

Baca Juga:  Inilah Alasan Kenapa Harus Menghindari Minum Teh Setelah Makan

– Protein kedelai
Protein kedelai kaya akan omega-3, asam lemak, protein, vitamin dan mineral. Ini merupakan alternatif yang baik sebagai pengganti daging merah, ditambah protein kedelai rendah lemak dan tinggi serat ketimbang daging.

– Oatmeal
Oatmeal mungkin bukan makanan yang membuat Anda berselera untuk sarapan pagi, tapi makanan ini baik untuk Anda. Oatmeal dapat Anda konsumsi dengan menambahkan buah-buahan segar atau buah-buahan kering dan tambahkan madu dan susu untuk rasa manis.

Setengah cangkir oatmeal mengandung sekitar 130 kalori yang dapat membuat jantung sehat dan memiliki cukup serat yang membantu menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan.

– Sayur bayam
Bayam merupakan sumber asam lemak omega-3 dan kaya akan folat yang membantu mengurangi kadar homosistein asam amino, zat yang dapat membahayakan seseorang karena meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Selain itu, bayam mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu melindungi Anda dari penyakit jantung.

Baca Juga:  Ini Dia Kisah Si Seksi Berkaki Satu dan Si Pinggul Besar yang Sukses Jadi Model

– Salmon
Ikan berlemak seperti salmon juga mengandung omega-3 yang diyakini mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dengan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, lemak darah yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes. Asam lemak Omega-3 juga mencegah pembekuan darah dengan membuat trombosit cenderung untuk mengumpul dan menempel pada dinding arteri.

loading...