GAYA HIDUP

Studi: Cewek-cewek Indonesia Matre soal Memilih Pasangan

HARIANACEH.co.id — Wanita Indonesia cenderung menilai pria dari sisi materi. Hal tersebut, merupakan kesimpulan riset yang dilakukan Lunch Actually, perusahaan biro jodoh asal Singapura.

Lunch Actually melakukan riset terhadap 1.659 responden dengan komposisi 49,01 persen wanita dan 50,99 persen pria dari empat negara, diantaranya Singapura, Malaysia, Hongkong dan Indonesia, dimana sebanyak 74,08 persen pendidikan responden merupakan sarjana ke atas.

“Riset kami menemukan tiga alasan besar apa yang menjadi daya tarik seorang pria atau wanita,” ujar Violet Lim, CEO Lunch Actually melalui siaran pers yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (6/3/2015).

Pria akan tertarik pada faktor kecantikan sebesar 44,7 persen, daya tarik fisik sebesar 36,2 persen, selera humor sebesar 36,2 persen, serta kebaikan sebesar 31,9 persen. Tidak ada perbedaan signifikan antara pria di Singapura, Hongkong, Malaysia dan Indonesia.

Sementara itu, wanita Indonesia cenderung tertarik pada pria yang memiliki karier dan penghasilan mapan. Berbeda dengan wanita di negara lain yang lebih tertarik pada pria yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Selain hal tersebut, hasil riset Lunch Actually juga mengungkap fakta perilaku mencari jodoh melalui penggunaan aplikasi online dating. Terungkap, ada 40,09 persen pria dan 32,72 persen wanita menggunakan aplikasi online dating untuk mencari pasangannya.

Meski tren menggunakan aplikasi jodoh terus tumbuh, mayoritas responden tetap memilih cara konvensional dalam mencari pasangan hidupnya. Dalam hal ini, para responden yakin setiap orang memiliki pasangan hidupnya masing-masing. Namun, mereka juga ragu apakah mereka bisa benar-benar menemukan jodohnya.

Wanita lebih banyak memiliki keraguan tersebut (43,90 persen) dibanding pria (39,72 persen). Hal ini, disebabkan karena secara psikologis wanita selalu beranggapan dirinya tak seagresif wanita lain dalam mengejar jodoh. Selain itu, keraguan timbul karena rata-rata perempuan memiliki standar yang tinggi dalam memilih calon suami.

TERPOPULER

To Top