HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Wow! Rahasia Bir Sedaap Berumur 170 Tahun

1

HARIANACEH.co.id — Pada 2010 lalu, dalam sebuah eksplorasi kapal yang  karam sekitar 1840 di Pulau Aaland, Finlandia, para  penyelam menemukan lima botol bir yang diperkirakan  berusia 170 tahun.

Saat naik ke permukaan salah satu botol bir rusak. Tak  mau menyiakan, para penyelam memutuskan untuk  mencicipi bir tersebut.

Seperti apa rasanya? Mengecewakan karena rasanya sudah  tak karuan. Selepas itu, para penyelam menyerahkan  botol lainnya kepada ilmuan ahli pembuatan bir.

Ahli langsung melakukan penelitian untuk mencari tahu  proses pembuatan bir di masa lalu. Pada tahap pertama,  tim ahli menemukan bir sudah terkontaminasi air laut. Ini yang menyebabkan rasa bir tak karuan.

“Bir memiliki aroma seperti karet terbakar, keju busuk  dan kambing,” ujar salah seorang penelti.

Menggunakan teknik kimia modern, para ilmuan kemudian memisahkan bahan-bahan untuk menemukan karakteristik dari bir.

Hasilnya? Mengejutkan karena bir yang berusia lebih dari satu abad itu memiliki kandungan mirip dengan bir modern. Dari rasa, bir berumur 170 tahun dinilai sedikit lebih asam.

Namun, rasa yang lebih asam itu dinilai normal untuk bir 1800-an. Pasalnya, pada masa itu pembuat bir belum punya cara untuk menghilangkan asam yang muncul dalam proses pembuatan.

loading...