HARIANACEH.co.id — Bayern Munich melakoni kemenangan comeback 3-1 tatkala menyambangi markas Hannover di HDI-Arena, Sabtu (7/3) malam WIB, dalam lanjutan pekan ke-24 Bundesliga Jerman.

Sempat dikejutkan dengan gol Hiroshi Kiyotake di babak pertama, The Bavarians mampu membalasnya lewat tendangan bebas Xabi Alonso sebelum Thomas Muller mencetak sepasang gol di babak kedua.

Raihan poin sempurna ini membawa Bayern semakin perkasa di puncak klasemen Bundesliga. Mereka kini sudah unggul 11 poin dari peringkat kedua Wolfsburg yang di saat bersamaan takluk 1-0 dari Augsburg.

Babak Pertama

Dominasi Bayern Munich sudah terasa sejak kick-off. Peluang pertama langsung mereka dapatkan ketika David Alaba melepaskan tendangan bebas di menit kedelepan yang masih bisa dihadang kiper Ron-Robert Zieler. Kendati kalah penguasaan bola, Hannover tanpa diduga mampu membahayakan gawang Bayern beberapa kali.

Kesalahan Dante di menit 18 nyaris dimanfaatkan oleh Artur Sobiech untuk melesat sendirian ke kotak penalti. Beruntung, Holger Badstuber mampu menghentikan upaya penyerang asal Polandia itu. Tak lama berselang, Hannover terus memberikan tekanan, terutama melalui bola-bola mati.

Baca Juga:  Frank Lampard Diprotes karena Tetap di Manchester City

Pada akhirnya, tuan rumah mampu membuat Bayern terkejut lewat gol yang dilesakkan Hiroshi Kiyotake di menit 25. Mendapatkan umpan matang dari Jimmy Briand, gelandang asal Jepang itu mampu melewati hadangan Dante untuk menceploskan bola ke pojok bawah gawang Manuel Neuer.

Namun, tak perlu waktu lama bagi Bayern untuk bisa menyamakan skor. Di menit 28, Xabi Alonso mengeksekusi tendangan bebas secara sempurna yang sukses membuat Zieler diam tak berkutik. Nyatanya, gol Alonso yang mengubah kedudukan menjadi 1-1 itu membuat Pep Guardiola tetap gelisah.

Guardiola langsung melakukan perubahan taktik dengan menarik keluar Dante, yang melakukan dua kesalahan di laga ini, untuk digantikan dengan striker Robert Lewandowski. Selebihnya, Bayern tetap menguasai jalannya pertandingan, namun tetap tanpa gol tambahan hingga 45 menit pertama tuntas.

Babak Kedua

Seperti di babak pertama, Hannover terus melakukan tekanan terhadap Bayern di awal babak kedua. Perlahan, tim tamu kembali menguasai jalannya pertandingan dan menggempur pertahanan Hannover.Back-heel tak disengaja Nico Schulz di menit 55 nyaris dimanfaatkan oleh Franck Ribery, namun bola sudah terlebih dulu ditangkap Zieler.

Di saat Bayern terus mendominasi laga, terjadi momen kontroversial di menit 60 ketika Marcelo dianggap melanggar Lewandowski. Marcelo, yang berusaha membuang crossing Ribery, mengarahkan kakinya tepat ke kepala Lewandowski yang mencoba menyundul bola sambil menjatuhkan diri. Wasit pun menghadiahkan penalti untuk Bayern.

Baca Juga:  Mohamed Salah Terima Pujian Luciano Spalletti

Thomas Muller lantas memaksimalkan kans ini untuk membuat Bayern memimpin 2-1. Zieler, yang sudah menebak arah tembakan Muller, tetap tidak bisa mencegah bola masuk ke gawangnya. Tertinggal satu gol, Hannover mampu memberikan perlawanan alot, seperti klaim penalti dari Leonardo Bittencourt karena dilanggar Jerome Boateng.

Namun, tandukan kencang Muller di menit 72 akhirnya mengakhiri perlawanan tuan rumah. Penyerang Jerman itu mampu melompat tinggi untuk menanduk umpan silang matang Ribery dari sayap kiri.  Hingga akhir laga, skor 3-1 untuk kemenangan Bayern tetap bertahan.

 

Susunan Pemain:

Hannover (4-2-3-1): Zieler; Joao Pereira, Marcelo, Schulz, Albornoz; Sane, Schmiedebach (Ya Konan 76′); Briand (Prib 68′), Bittencourt, Kiyotake, Sobiech (Joselu 58′).

Cadangan: Konigsmann, Andreasen, Sakai, Stankevicius.

Bayern Munich (3-4-2-1): Neuer; Badstuber, Boateng, Dante (Lewandowski 32′); Rafinha, Alonso (Schweinsteiger 68′), Bernat, Alaba; Robben, Götze (Ribery 53′); Müller.

Cadangan: Reina, Benatia, Pizarro, Rode.

loading...