KUALA LUMPUR, HARIANACEH.co.id — Sudah satu tahun Malaysia Airlines MH370 belum ditemukan. Rencana pencarian baru pun akan dikeluarkan jika hingga Mei pesawat itu belum ditemukan.

Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan, pihaknya optimis akan menemukan pesawat Boeing 777-200ER itu di lokasi pencarian yang ditentukan saat ini. Badan pesawat MH370 itu sebelumnya diperkirakan ada di dalam dasar Samudera Hindia.
Liow menambahkan, Australia, Malaysia dan Tiongkok akan bertemu untuk membahas upaya pencarian. Pada 29 Januari 2015 lalu, Pemerintah Malaysia secara resmi mengumumkan bahwa insiden ini adalah kecelakaan dan 239 orang yang ada di dalam pesawat dinyatakan tewas.
“Hingga akhir Mei, jika kami masih belum menemukan pesawat ini, maka kami harus mengatur strategi baru,” tutur Liow, seperti dikutip AFP, Sabtu (7/3/2015).
“Kami bergantung pada para ahli, untuk menentukan rencana pencarian baru. Saya tetap optimis dengan wilayah pencarian ini,” tegasnya.

Baca Juga:  AS Tangkap Pria yang Akan Serang Warga Di Malam Tahun Baru

Liow menambahkan, kapal-kapal yang mencari puing dari pesawat di pesisir barat Australia, sudah menyisir lebih dari 40 persen dari 60 ribu kaki persegi wilayah Samudera Hindia. Dalam laporan terbaru Liow menjelaskan, tim pencari sudah mengidentifikasi 10 benda keras yang akan dianalisa.

Sementara Menteri Transportasi Australia Warren Truss mengatakan pekan lalu, jika badan pesawat belum ditemukan pada Mei maka pilihan pertama adalah memperluas wilayah pencarian.

loading...