,

Penyumbang Medali Pertama Indonesia di Olimpiade, Nurfitriyana Saiman

HARIANACEH.co.id — Hari ini, 53 tahun yang lalu, seorang bayi putri bernama Nurfitriyana Saiman Lantang lahir ke dunia. Fitri kemudian tumbuh berkembang sebagai seorang atlet, dan menorehkan sejarah untuk Indonesia di level dunia, Olimpiade.

Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan menjadi momen bersejarah bagi Indonesia. Sebab, pada gelaran inilah Indonesia berhasil merebut medali pertamanya selama keikutsertaan di Olimpiade.

Nurfitriyana Saiman

Adalah Fitri, atlet panah kelahiran 7 Maret 1962 yang sukses menjadi aktor dibalik terciptanya sejarah tersebut. Fitri bersama dua rekannya, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani sukses memberikan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade.

Meski hanya mampu menyumbangkan medali perak, namun prestasi ini mendapat apresiasi besar, karena itulah satu-satunya medali yang berhasil digondol Indonesia. Mereka bertiga disambut bak pahlawan ketika menginjakkan kakinya di tanah air.

Prestasi Fitri dan dua rekannya itu rupanya memberikan dorongan motivasi yang besar buat atlet-atlet Indonesia. Pada Olimpiade berikutnya di Barcelona pada 1992, Indonesia sukses meraih medali emas pertamanya lewat cabang olahraga bulu tangkis.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia langsung menyabet dua medali emas lewat Alan Budikusuma dan Susi Susanti (kini jadi suami istri). Setelah itu, Indonesia terus melanjutkan tradisinya meraih medali emas, sampai akhirnya tradisi tersebut terputus pada Olimpiade 2012 di London, Inggris. Pada ajang tersebut, Indonesia hanya mampu merebut satu medali perak dan satu perunggu.

loading...

Posisi Pertama Trending Topic Dunia Sedang Dikejar Haji Lulung

Pilih Investasi Saham Jika Menabung Tidak Bisa Kaya