HARIANACEH.co.id — Untuk sesaat Paris Saint-Germain kini berada di puncak klasemen Ligue 1 Prancis, setelah sukses menghancurkan Lens 4-1, pada journee 28, Minggu (8/3) dini hari WIB.

Hasil tersebut untuk sesaat membawa Les Parisiens duduk si puncak klasemen dengan koleksi 57 poin, sembari menunggu hasil pertandingan Olympique Lyon dan Olympique Marseille esok hari.

Babak Pertama

Pelatih PSG, Laurent Blanc, melakukan sedikit rotasi di lini belakang dan depan. Di lini yang disebut pertama, ia mengistirahatkan Marquinhos, sementara di lini yang disebut kedua sang pelatih memarkir Edinson Cavani. Semua dilakukan demi menyimpan tenaga untuk laga Liga Champions, menghadapi Chelsea tengah pekan esok.

Meski begitu PSG tetap mampu mendominasi permainan atas Lens, yang di sepanjang babak pertama nyaris dibuat bertahan total. Kans pertama lahir dari usaha Ezequiel Lavezzi di menit ke-22. Bekerja sama sengan Zlatan Ibrahimovic, sontekan pemain asal Argentina itu tipis saja di kanan mistar gawang Lens.

Baca Juga:  Himab FC Kampiun Hamas Cup VI 2016

Tak berhenti, PSG terus membombardir benteng pertahanan Lens. Pada menit ke-35, secara sial tandukan Ibrahimovic memanfaatkan bola chip Marco Verratti, membentur mistar gawang. Tiga menit berselang, giliran Verratti yang nyaris saja memecah kebuntuan, andai dia lebih tenang mengeksekusi bola yang berada empat meter di depan gawang kosong Lens.

Ketika babak pertama tinggal beberapa detik lagi berakhir, PSG akhirnya mampu memecah kebuntuan. Memanfaatkan eksekusi sepak pojok Lavezzi, tandukan David Luiz menembus mantap jala Riou, untuk mengubah keadaan menjadi 1-0 ubagi tuan rumah. Les Parisiens pun menutup babak pertama dengan kelegaan.

Babak Kedua

PSG begitu menggila di babak kedua. Mereka bermain dengan tempo yang jauh lebih cepat dan garis pertahanan yang amat tinggi. Hal itu meruntuhkan mental para penggawa Lens yang semkin merasa inferior dengan hanya bertahan. Gol kedua pun kemudian hadir saat laga menginjak waktu satu jam.

Baca Juga:  Safee Ali, Top Skor AFF 2010 Ini Meninggal Dunia

Adalah sang bomber ganas, Ibrahimovic, yang jadi aktor pengganda kedudukan. Sepakan geledeknya melalui penalti, sukses menembus jala Riou dengan amat mantap.

Unggul 2-0, secara mengejutkan Lens mampu memperkecil keadaan menjadi 2-1 melalui skema serangan balik. Adalah Yoann Touzghar yang sukses memanfaatkan umpan jauh Ludovic Baal menjadi gol, tepat di menit ke-68.

Sepuluh menit jelang berakhirnya pertandingan, PSG yang sedikit tertekan dengan keunggulan satu gol, akhirnya bisa menegaskan kemenangan lewat tambahan dua gol. Adalah gol-gol Blaise Matuidi di menit 80 dan Javier Pastore dua menit berselang, yang menutup laga dngan skor 4-1 bagi si empunya Parc ds Princes.

Susunan Pemain

Paris Siant-Germain: Sirigu; Van der Wiel, Camara, Silva, Maxwell; David Luiz, Verratti, Rabiot; Bahebeck, Ibrahimovic, Lavezzi

Lens: Riou; Kantali, Landre, Baal, Gbamin; Jerome, Lalina, Wylan, Yoann; Touzghar, Cavarria, Guillaume

 

loading...