HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Prajurit Kanada Tewas Tertembak Pejuang Kurdi karena Salah Koordinasi

7

HARIANACEH.co.id – Seorang anggota pasukan khusus Kanada tewas dan tiga lainya terluka saat pasukan sekutu Kurdi Peshmerga tak sengaja menembak mereka di Irak.

Kepala Staf Pertahanan Kanada Jenderal Tom Lawson mengidentifikasi korban tewas sebagai Sersan Andrew Joseph Doiron, yang bertugas melatih pasukan Kurdi.

“Dia adalah prajurit khusus berbakat dan juga seorang pemimpin hebat,” ujar Brigadier Jenderal Michael Rouleau, Kepala Komando Operasi Khusus Kanada, seperti diwartakan AFP, Sabtu (7/3/2015).

“Kami juga menyampaikan rasa duka terhadap tiga prajurit yang terluka. Kami akan membawa Drew pulang dan berharap agar para prajurit kami yang terluka dapat segera sembuh. Kami akan tetap melanjutkan misi penting di Irak,” tambah dia.

Kanada memiliki sekitar 600 personel, termasuk 69 anggota pasukan khusus di Irak sebagai bagian dari koalisi global melawan kelompok militan Islamic State (ISIS).

Misi pasukan Kanada di Irak tidak langsung terjun ke medan tempur. Namun, mereka pernah setidaknya dua kali bertempur dengan ISIS.

Dalam insiden terbaru ini, militer Kanada mengatakan “keempat anggotanya tidak dikenali pasukan Kurdi saat mereka hendak kembali ke pos observasi.”

“Empat penasihat militer Kanada di Bashiqa pergi ke garis depan. Dalam perjalanan pulang, (pasukan) Peshmerga tidak mengenali mereka, dan kemudian menembakkan senjata ke arah mereka,” sebut juru bicara keamanan Kurdi Halgord Hekmat.

“Mereka pergi ke garis depan tanpa sepengetahuan Peshmerga,” sambung dia.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat