HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Selamatkan Nyawa Dengan 6 Tindakan Ini

1

HARIANACEH.co.id – Jakarta Menyelamatkan nyawa bukan hanya dengan bertindak hati-hati atau mencegah saja, tetapi juga mencoba membiasakan sesuatu sehingga ketika keadaan tidak terduga terjadi, Anda sudah mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan.

Misal, tiba-tiba serangan jantung muncul dan membuat Anda teramat sangat sakit, tindakan apa yang harus dilakukan? Enam tindakan seperti yang dikutip dari lamanReader’s Digest, Sabtu (7/3/2015), bisa menyelamatkan nyawa seseorang dan Anda:

tindakan-1
tindakan Yang selamatkan nyawa

 

1. Identifikasi Tanda Serangan Jantung

Coba periksa denyut nadi Anda. Nyeri pada bagian dada yang berkelanjut, sakit perut, mual, muntah, pusing, sesak napas, juga keringat yang berlebihan bisa jua menjadi tanda-tanda serangan jantung.

2. Menyelamatkan Orang yang Tenggelam

Pertama, ingatlah untuk berpegangan pada kapal atau dermaga dan raih korban. Jangan cepat-cepat berpikir untuk menyelam ke dalam air. Lebih baik untuk memberikan ia pelampung dan mendekatkan kapal padanya.

3. Mengatasi Rasa Syok

Ingat apabila wajah untuk memerah, angkat dan tegakkan kepala Anda. Apabila wajah berubah menjadi pucat, tenangkan bagian bawah diri Anda seperti kaki.

tindakan-3

4. Mendiagnosa Hipotermia

Jika berada di sebuah tempat bersuhu dingin dan terdapat orang yang mudah tersandung, terpeleset, bergumam, dan menggerutu? Jika demikian, sudah saatnya untuk memindahkan dirinya ke tempat yang lebih hangat dan memanggil bantuan.

5. Menghindari Buah Beracun

Ingat warna putih dan kuning bisa membunuh sesama, warna ungu dan biru baik untuk Anda, dan warna merah bisa baik atau bisa mematikan Anda.

6. Menghentikan Pendarahan Besar

Tinggikan posisi orang mengalami celaka, biarkan daerah yang  mengeluarkan darah terbuka dan tinggikan bagian tersebut. Berikan pula beberapa tekanan pada bagian tersebut.

loading...