ISLAM

Puasa Senin Kamis, Ini Bukti Ilmiah Dan Manfaatnya

HARIANACEH.co.id — Rasulullah SAW adalah contoh yang baik dalam segala hal, puasa sunnah pada hari senin dan kamis adalah salah satu yang pernah Rasulullah contohkan kepada umatnya. Seperti kita ketahui, dalam puasa banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.

Bahkan, hal tersebut sudah banyak dibuktikan oleh penelitian-penelitian ilmiah yang dilakukan. Puasa sunnah senin dan kamis juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Namun, masih banyak juga yang meragukan manfaat puasa tersebut. Namun kenyataannya puasa memang memiliki nilai positif bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah penjelasan ilmiahnya.

Dalam setahun terakhir ini, Stuart Adams melakukan puasa dua kali dalam seminggu. Setelah melakukannya secara rutin, ia mampu menurunkan berat badannya hingga sebesar 7,5 kg.

Namun, alasan utamanya bukan untuk menurunkan berat badan. Ia melakukannya untuk mencegah gangguan otak seperti Skizofrenia dan Alzheimer. Kepada BBC ia mengungkapkan, “Ada strain kegilaan yang diturunkan dalam keluarga saya, dan peluang muncul sangat tinggi,” ucapnya.

Puasa dua kali atau lebih dalam seminggu mampu menghindari obesitas dan juga mencegah timbulnya penyakit Alzheimer. Seperti yang dilakukan oleh Institute of Aging di Amerika, yang melakukanpenelitian terhadap tikus, memberikan hasil yang memuaskan terhadap pemahaman penyakit Alzheimer dan reaksinya setelah di-puasa-kan.

Alzheimer memang memang belum ada obatnya, namun penyakit kerusakan otak ini sudah menelan korban hampir lebih 35 juta orang, namun pencegahan penyakit ini bisa dilakukan.

Penelitian yang dipimpin oleh Mark Mattson, profesor ilmu saraf dari Universitas John Hopkins, sedang merencakan penelitian terhadap manusia yang berpuasa dan pengaruhnya terhadap fungsi otak dan tanda-tanda awal Alzheimer.

Dengan berbekal penelitian terhadap tikus, diharapkan penerapan terhadap manusia mampu memberikan efek positif. Puasa juga mampu mengurangi kadar plak dalam otak, yang merupakan tanda awal Alzheimer. Studi yang dilakukan Mattson membuktikan bahwa, puasa akan meningkatkan produksi protein yang disebut neuritropik, yang diturunkan dari otak, yang meningkatkan pembelajaran dan ingatan.

Pada saat yang sama, puasa juga mampu mencegah kanker payudara dan diabetes, seperti yang ditulis Michael Mosley.

Namun bagaimana pun juga, puasa yang benar adalah bagaimana Anda berbuka dengan benar, karena makanan yang Anda konsumsi janganlah terlalu berlebihan.

Terlebih jika Anda seorang muslim, yang telah lama mengenal bagaimana puasa akan menyehatkan. Namun saat Anda berbuka, janganlah berlebihan, karena pada intinya, makanan yang Anda konsumsi harus sesuai dengan apa yang Anda kerjakan. Jadi tunggu apalagi, ayo mulai berpuasa.

 

TERPOPULER

Keatas