HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

3 Strategi Food Basket Meluncur, Dunia ‘Darurat’ Pangan

4

HARIANACEH.co.id – Masalah pangan akan menjadi salah satu perhatian dunia. Maka dari itu, program swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah tercapai pada periode 2014-2019 dapat dipenuhi dengan optimalisasi implementasi kerja sama internasional.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Hari Priyono, mengungkapkan jika masalah kesediaan pangan tidak hanya dihadapi oleh Indonesia saja, tetapi sudah menjadi isu dunia. Oleh karena itu, persediaan lumbung pangan bersama menjadi cara menghadapi ketahanan pangan.

“Kita menyadari masalah pangan akan jadi masalah penting dunia, maka negara-negara semakin intens untuk melakukan kerja sama khususnya di bidang pangan dan pertanian,” ungkap Hari, di Kantor Pusat Kementan, Jalan Harsono RM Nomor 3 Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2015).

Oleh karena itu, terdapat tiga tujuan utama dalam strategi food basket. Pertama menjamin ketahanan pangan di wilayah subregional BIMP-EAGA.

“Jadi kita punya cadangan pangan di tingkat regional, tatkala ada negara membutuhkan, bisa menggunakan itu,” jelasnya.

Kedua, mengoptimalkan potensi produk-produk pertanian, peternakan, dan perikanan untuk ekspor. Serta ketiga, mempromosikan kesejahteraan yang berkelanjutan dan peningkatan peluang ekonomi bagi petani dan nelayan.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time