HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bareskrim Ungkap Perdagangan Manusia Tujuan Fiji untuk Pertama Kali

1

HARIANACEH.co.id – Bareskrim Mabes Polri menangkap dua tersangkahuman trafficking (perdagangan manusia) ke Fiji. Sebanyak 12 orang asal Jawa Timur menjadi korban.

Pengungkapan kejahatan perdagangan manusia dengan tujuan Fiji adalah yang pertama kali.

“Sebanyak 12 orang yang dijual ke Fiji ini baru pertama kalinya dalam kriminalitas perdagangan orang. Biasanya (perdagangan ke) Timur Tengah, Hong Kong, makanya kita kembangkan,” kata Kanit IV, Subdit 3 Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri AKBP Arie Dharmanto di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2015).

Kedua tersangka, Budi dan Purwanto, ditangkap di Ngawi, Jawa Timur, 8 Maret pukul 18.00 WIB. Keduanya mengirim 12 orang dengan modus menawarkan pekerjaan. Namun, korban tak dipekerjakan sesuai yang dijanjikan, sebagai buruh pabrik.

“Faktanya, mereka jadi buruh. Gaji dijanjikan USD800 per bulan, malah hanya digaji USD4 per hari. Korban juga ditelantarkan di Kota Suva. Kemudian diselamatkan KBRI Suva, koordinasi dengan Bareskrim untuk selamatkan korban, lalu kami mencari pelaku,” tambah Arie.

Awalnya, pelaku diperkirakan berada di Fiji. Namun pada akhirnya terlacak kedua orang ini berada di Jawa Timur. Sementara korban sebagian besar berasal dari Ngawi dan secara umum mayoritas dari Jawa Timur.

loading...