HARIANACEH.co.id — Memiliki tubuh yang sehat tentu saja menjadi dambaan setiap orang, dan hidrasi adalah salah satu kuncinya.  Ketika Anda mengalami dehidrasi, kulit anda akan terlihat lebih buruk dan bisa menjadi malapetaka terhadap kesehatan Anda.

Namun dibalik masalah kesehatan, pasti ada saja mitos yang mengelilinginya setiap hari. Inilah mitos tentang hidrasi yang perlu Anda cermati.

1. Harus minum 8 gelas air putih setiap hari

Memang benar tubuh Anda membutuhkan banyak cairan. Namun nyatanya, tidak semua orang membutuhkan 8 gelas air putih setiap hari. Jumlah cairan yang diperlukan setiap orang bervariasi tergantung pada tingkat aktivitas, jenis kelamin dan ukuran tubuh.

Baca Juga:  Risiko Kanker Payudara Dapat Diturunkan dengan Buah-buahan Ini

2. Hanya air yang benar-benar menghidrasi Anda

Ini tidak benar. Banyak minuman dengan kadar air tinggi berkontribusi terhadap status dehidrasi tubuh, termasuk minuman ringan seperti jus, teh dan kopi. 20% dari hidrasi Anda secara teratur berasal dari makanan yang Anda makan.

3. Anda tidak akan dehidrasi di musim dingin

Tentu saja ini hanya mitos. Faktanya, baik di musim panas maupun dingin, Anda kehilangan cairan melalui keringat dan hembusan napas. Kondisi dingin dapat membuat kulit Anda kering yang menciptakan efek dehidrasi bagi tubuh.

Bibir pecah-pecah, mata kering dan kulit teriritasi adalah tanda-tanda dehidrasi. Jadi apakah Anda bekerja di ruangan berpendingin atau melakukan aktivitas di luar ruangan, pastikan untuk minum banyak air di musim dingin untuk menghindari efek dehidrasi.

Baca Juga:  3 Tips Alami Menghilangkan Minyak Berlebih Pada Wajah

4. Rasa haus adalah indikator yang baik bahwa Anda perlu minum

Banyak orang yang menganggap bahwa rasa haus adalah tanda Anda perlu minum, namun itu tak selalu benar. Anda pasti sering mengabaikan rasa haus Anda. Jadi sulit untuk mengatakan rasa haus sebagai sinyal untuk minum.

Tubuh Anda tetap membutuhkan cairan meski Anda tak merasakan rasa haus. Selain itu, aktivitas fisik, suhu tinggi, stres dan kelelahan dapat memicu kehilangan cairan sehingga perlu untuk mengonsumsi air lebih dari yang biasanya Anda butuhkan.

loading...