HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Peraturan KPU Terkait Pilkada Serentak Ditetapkan pada Awal April

4

HARIANACEH.co.id – Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 sampai saat ini ini masih dalam tahap rancangan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan melakukan konsultasi dengan DPR dan pemerintah terhadap 10 rancangan PKPU Pilkada yang telah disusun oleh KPU.

Namun, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay memastikan bahwa seluruh rancangan PKPU Pilkada akan segera ditetapkan dalam beberapa minggu ke depan. “Awal April semua PKPU Pilkada (selesai), ada 10 (PKPU) yang akan kita sajikan,” kata Hadar di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2015).

Untuk mempercepat penyelesaian PKPU tersebut, Hadar mengatakan pihaknya akan segera melakukan konsultasi dengan DPR selepas masa reses. Selain persoalan PKPU, KPU juga akan menemui DPR untuk membahas waktu pelaksanaan pemungutan suara pilkada serentak yang dijadwalkan pada 9 Desember 2015.

“Akhir bulan ini kita akan konsultasi, kan masih reses,” ucap dia.

Dalam konsultasi ini, kata dia, tidak serta merta KPU akan mengikuti keinginan DPR dalam merubah rancangan peraturan yang telah dibuatnya. KPU, lanjut dia, akan melihat kembali apakah masukan dari DPR melabrak UU atau tidak.

“Mungkin ada perubahan, mungkin juga tidak. Kita lihat kalau melanggar UU tidak kita ikuti,” tandas dia.

Seperti diketahui, KPU pun telah melangsungkan uji publik terhadap beberapa rancangan PKPU Pilkada kepada partai politik. Rancangan tersebut mengenai tahapan awal, program dan jadwal penyelengaraan pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota.

Kemudian, pemutakhiran data dan daftar pemilihan dalam pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota. Serta, terkait pencalonan pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota.

loading...