HARIANACEH.co.id — Perawatan pada kulit kaki bukanlah prioritas utama bagi kebanyakan wanita. Biasanya, mereka hanya fokus terhadap kesehatan kulit di bagian wajah dan bagian tubuh sekitarnya. Padahal, bila kulit kaki kurang mendapatkan perawatan, berisiko bagi kesehatan orang itu sendiri.

Berikut fakta mengenai kesehatan kulit kaki yang tidak boleh diabaikan begitu saja, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (12/3/2015)

1. Ketika kaki Anda dalam keadaan lembab terlalu lama, akan membuat jamur dan bakteri berkembang biak di sana. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi, dan bila dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan infeksi jamur kronis. Dampaknya, kaki pun akan gatal berkepanjangan.

Baca Juga:  Gen yang Meningkatkan Resiko Kanker Prostat Telah Ditemukan Ilmuwan

Untuk mencegahnya, pastikan kaki dalam kondisi bersih dan kering, serta hindari berjalan tanpa alas kaki di tempat umum.

2. Selama musim dingin, kulit pada telapak kaki Anda menjadi sangat kering dan retak-retak. Untuk mencegahnya, oleskan lotion pelembab setelah mandi di bagian kulit, sehingga terhindar dari kelembaban. Lakukanlah sebelum tidur di malam hari dan tutupi dengan kaus kaki. Esok harinya, Anda akan memiliki kulit di bagian kaki yang terlihat halus.

3. Kutil dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Bila kaki tidak diperhatikan kesehatannya, kutil dapat tumbuh merajalela di jari-jari kaki atau pada telapak kaki. Bila ingin melihangkan kutil-kutil ini, harus dicek terlebih dahulu ke dokter agar Anda mendapatkan obat yang sesuai. Jadi, peliharalah kesehatan kulit kaki Anda.

Baca Juga:  Ini Deretan Makanan Tak Boleh Dimakan Secara Bersamaan
loading...