GAYA HIDUP

Ini Dia Sisi Baik Bagi Anda yang Memiliki Sifat Egois

HARIANACEH.co.id — Menjadi egois bukan hal yang baik. Namun, ketika Anda harus menjadi orang yang egois, sebenarnya itu bukanlah sebuah kesalahan yang harus diratapi sepanjang hari.

Para ahli psikolog mengungkapkan manfaat positif dari egois. Memiliki sifat ini membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.

“Ketika Anda mementingkan diri Anda lebih dahulu, Anda akan menjadi orang yang lebih sehat,” kata Bob Rosen, penulis “Grounded: How Leaders Stay Rooted in an Uncertain World (Jossey-Bass, 2013).”

Rosen memaparkan, dengan mengurus kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu, maka berorientasi pada kelangsungan hidup. Namun, ini biasanya menjadi sumber energi negatif seperti rasa takut dan rasa bersalah.

“Jika Anda tidak bisa mengurus diri sendiri, maka Anda tidak bisa peduli dengan orang lain. Menjadi egois sangat penting,” kata Rosen.

Melissa Deuter, profesor dari University of Texas Health Science Center di San Antonio juga setuju bahwa tak ada salahnya menjadi egois.

“Egois adalah sifat buruk, tapi itu bisa berarti dua hal yang berbeda. Konotasinya adalah bahwa Anda tidak baik dan tidak pengertian terhadap orang lain,” katanya.

Makna lain dari egois yakni Anda bertanggung jawab untuk mempertemukan dan mendapatkan kebutuhan pribadi, emosional, dan fisik. Dan ini merupakan bagian penting untuk menjadi dewasa.

Rosen dan Deuter mengatakan bahwa kunci untuk keegoisan yang sehat adalah dengan fokus pada diri sendiri.

Anda perlu ‘me time’ dan Anda akan mendapatkan empat manfaat, yakni menjadi lebih sehat, memiliki kesempatan menjadi pemimpin, memiliki hubungan yang lebih baik, dan Anda akan lebih bahagia.

“Menempatkan diri Anda lebih dahulu bukanlah kualitas negatif. Itu adalah tugas Anda untuk mengurus diri sendiri dan mendapatkan apa yang Anda butuhkan,” kata Deuter.

TERPOPULER

Keatas