HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jabatan Gubernur DKI Ahok Bisa Dilengserkan dengan Hal Ini

1

HARIANACEH.co.id – Konflik antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan DPRD DKI dikhawatirkan sejumlah pihak akan memicu pemakzulan Ahok. Pengamat Politik Hendri Satrio menyebutkan beberapa hal yang dapat membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dimakzulkan.

“Ya itu (pemakzulan) kalau Ahok terbukti korupsi misalnya. Itu yang bisa membuat pemakzulan. Sekarang buktikan saja,” kata Hendri saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2015).

Meski mungkin ada peluang pemakzulan, Hendri menilai hak tersebut masih terlalu jauh untuk dilakukan DPRD. Selain itu, menurutnya, apabila Ahok dimakzulkan maka justru akan membuat situasi politik di Jakarta menjadi tidak kondusif.

“Masa Jakarta punya gubernur, dalam lima tahun ada tiga gubernur yang berbeda. Aneh juga kan,” imbuh Hendri.

Selain itu, menurut Hendri, konflik antara Ahok dan DPRD DKI bisa diselesaikan. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah memberikan tenggat waktu satu minggu kepada Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI untuk duduk bersama dan bermusyawarah.

Sebelumnya, Mendagri menilai polemik APDB DKI Jakarta yang terjadi antara Ahok dan DPRD DKI karena kurangnya pemahaman akan posisi dan fungsi gubernur dan dewan.

loading...