HARIANACEH.co.id — Dot-com pertama di dunia, Symbolic.com, akan segera menginjak usia 30 tahun pada akhir pekan ini. Perusahaan yang berbasis di Massachusetts ini membeli domain pada 15 Maret 1985.

“Symbolics adalah salah satu pembuat asli dari workstation komputer, dan perusahaan ini bahkan disebut dalam film ‘Jurassic Park’,” demikian laporan CNN. “Sayangnya, bahasa komputer ‘Lisp’ yang dikembangkan Symbolics akhirnya memudar popularitasnya. Symbolic akhirnya gulung tikar dan mengajukan kebangkrutan pada tahun 1993.”

Kendati demikian, situs symbolics.com masih ada hingga sekarang, dengan perusahaan mempertahankan sistem operasi Lisp yang terus digunakan secara terbatas oleh beberapa perusahaan dan instansi pemerintah.

Baca Juga:  BlackBerry Kopi Tunjukkan Diri

Symbolics menjual alamat symbolics.com pada tahun 2009 untuk pengusaha Aron Meystedt dan perusahaan pindah ke situs sendiri, symbolics-dks.com.

Meystedt dilaporkan telah mengubah symbolics.com menjadi semacam arsip sejarah internet. Halaman utamanya mengungkap fakta-fakta tentang internet dan Worldwide Web ketika Anda menekan jendelanya.

Setelah symbolics.com, email dan internet hadir di dunia komputer. Empat tahun setelah kelahiran situs tertua itu, World Wide Web atau WWW baru digunakan.

 

loading...