HARIANACEH.co.id¬†—¬†Tumbuh tua menjadi fase yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang. Selain faktor usia, cepat tua juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi.

Untuk menghindari penuaan dini, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang tepat, yakni makanan yang kaya akan vitamin dan serat.

Berikut makanan yang membantu Anda tetap sehat dan melawan penuaan dini.

1. Vitamin B12
Semakin bertambahnya usia, tingkat energi secara alami akan menurun. Banyak dokter dan ahli gizi mengatakan bahwa mereka cenderung berhati-hati dengan pasien mereka ketika usia mereka memasuki kelompok 50-60 tahun. Ini merupakan usia dimana tubuh mengalami penurunan kadar vitamin B12. Nutrisi yang biasanya ditemukan dalam makanan hewani ini membantu mengatur metabolisme dan juga kunci untuk mendukung otak dan sistem saraf yang sehat.

Baca Juga:  Ini Dia Lima Efek Samping dari Stres Terhadap Tubuh Anda

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup vitamin B12, cobalah untuk setidaknya mengkonsumsi 3-4 ons protein setiap hari. Mungkin bisa Anda dapatkan melalui seafood, daging tanpa lemak dan makanan sereal. Namun jika Anda vegetarian, Anda dapat makan sereal sebagai menu sarapan dan minta dokter untuk memberikan suplemen vitamin B12.

2. Serat
Proses penuaan tak selamanya baik untuk tubuh. Sistem pencernaan bisa menderita jika Anda tidak menjaganya. Diet tinggi serat dapat membantu menjaga semuanya berjalan lancar. Wanita di atas 50 tahun perlu untuk mendapatkan total harian 21 gram serat baik serat larut maupun tidak larut. Sedangkan pria membutuhkan 30 gram. Jadi sediakanlah biji-bijian dan sereal, buah, buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

3. Kalium
Kalium sangat penting bagi tubuh Anda. Asupan tinggi kalium juga berhubungan dengan tekanan darah rendah. Terlalu sedikit kalium bisa menyebabkan kekacauan pada sistem Anda. Sebaiknya makan 7 atau lebih porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari. Pisang merupakan sumber kalium tetapi ada sumber kalium lain juga. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran hijau gelap, seperti kentang dengan kulitnya, ubi jalar dan buah-buahan kering lainnya misalnya kismis, melon, jeruk, tomat, dan kacang-kacangan.

Baca Juga:  5 Buah-Buahan ini Berkhasiat Membuat Kulit Cantik

4. Omega-3
Jika Anda adalah tipe orang yang lupa hal-hal yang cukup mudah, Anda perlu meningkatkan asam lemak omega-3 dalam diet Anda. Tampaknya bahwa makanan dengan asam lemak omega-3 dapat menjadi salah satu cara untuk membantu menjaga memori Anda tajam.

Saat memasak, sebaiknya gunakan minyak zaitu atau minyak conola. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi kacang walnut atau almond, salad, yoghurt dan makan setidaknya 2 kali dengan ikan yeng memiliki sumber utama protein setiap minggu, mungkin seperti ikan salmon atau sarden.

loading...