HAIANACEH.co.id — Pernah tidak Anda ragu untuk mengkonsumsi makanan yang baru saja terjatuh? Rasanya ingin makan tapi kok ragu ya jangan-jangan sudah kotor kena bakteri.

Pada penelitian terdahulu, para ilmuwan menyatakan agar kita tidak mengkonsumsi makanan setelah jatuh. Alasannya, para peneliti ini menemukan bahwa bakteri salmonella dan bakteri lainnya bisa hidup di atas permukaan kering dan pindah secara cepat pada makanan yang jatuh.

Namun, penelitian yang lebih baru menyatakan sedikit hal yang berbeda. Mereka menyatakan bahwa mengambil makanan yang jatuh sesegera mungkin bakterinya lebih sedikit dibandingkan yang tidak segera mengambil.

Baca Juga:  Bahaya Radiasi Ponsel, Membuat Sperma Rusak

Tak cuma itu, seperti dilansir Pop Sugar, Jumat (13/3/2015), bakteri yang menempel pada makanan yang jatuh di lantai keramik lebih banyak dibandingkan yang jatuh di karpet. Selain itu, makanan kering yang diambil lebih cepat dari 5 detik lebih sedikit kuman dan bakteri yang menempel dibandingkan makanan basah seperti pasta atau pizza.

Bagi mereka yang pernah menderita sakit karena makanan pasti akan menolak makanan yang terjatuh karena takut terkontaminasi. Namun bagaimana dengan Anda yang mengambil makanan tersebut cepat-cepat? Kadang-kadang Anda bisa mengambilnya namun bergantung pada lingkungan dan apa makanan yang dimakan.

loading...