HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Warga AS Pilih Berbagi Hunian karena Biaya Sewa Meroket

2

HARIANACEH.co.id – Semakin tingginya harga sewa tempat tinggal di Amerika Serikat (AS) disiasati oleh penghuninya dengan mencari teman untuk tinggal bersama dan juga untuk berbagi biaya sewa.

Menurut analisa dari Zillow pada tahun 2012 mengenai data sensus terbaru di AS, sekitar 32 persen orang dewasa tinggal bersama orang lain selain dengan pasangannya. Persentase ini naik dari tahun 2000 dengan persentase sebesar 26 persen.

Tren ini terus tumbuh seiring dengan penurunan jumlah masyarakat yang memiliki rumah dan minimnya jumlah tempat tinggal yang disewakan. Masyarakat mulai berbagi tempat tinggal dengan orang lain karena biaya sewa yang terus bertambah tetapi tidak diimbangi dengan pertambahan pendapatan masyarakat.

Dalam beberapa tahun, biaya sewa tempat tinggal sangat membebani masyarakat. Dalam 12 bulan terakhir tren biaya sewa meningkat sebesar 6,5 persen menurut data dari Trulia. Sementara penghasilan masyarakat cenderung datar.

Sebagai contoh, biaya sewa apartemen satu kamar di Brooklyn, New York lebih dari USD2.600 per bulan menurut President perusahaan penilaian harga Samuel Miller, Jonathan Miller.

“Para penyewa cenderung ingin tinggal bersama dengan membayar rata-rata USD3200 untuk dua kamar. Masing-masing dapat berhemat USD 1000 per bulan,” ujarnya.

Semakin banyak rekan tinggal bersama, maka penghematan lebih besar. Biaya sewa apartemen dengan tiga kamar sebesar USD4.200. Sehingga masing-masing dapat berhemat USD1.200.

Penulis Dina Wilcox dan Pelatih Eksekutif Ann Fry tinggal bersama di Manhattan, salah satu daerah dengan harga tempat tinggal paling mahal di AS.

Mereka seusia, karena sama-sama lahir di akhir 1960-an. Banyak rekan-rekan mereka yang juga melakukan hal yang sama.

Mereka telah menemukan kehidupan yang lebih menyenangkan dan terjangkau. Fry hanya membayar USD1.500 per bulan untuk biaya sewa apartemen.

“Secara finansial, itu hebat. Berarti saya bisa membayar dengan harga yang sama dari sebelumnya,” tukasnya.

Kelebihan lain dari tinggal bersama adalah dapat bersenang-senang dan memasak bersama.

loading...