NASIONAL

16 Jenazah Tiba di Halim, Jokowi Turut Berduka Cita

HARIANACEH.co.id — Dalam iring-iringan 16 jenazah personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) korban pesawat Hercules naas C-130 yang tiba di lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (1/7/2015). Presiden Joko Widodo (Jokowi) ucapkan bela sungkawa yang mendalam kepada seluruh keluarga korban.

Didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, dan Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Jokowi yang menjadi inspektur upacara dalam acara pelepasan 16 jenazah tersebut berulan kali mengucapkan kalimat “innalillahi wainnailaihi rojiun”, serasa mengajak masyarakat Indonesia juga ikut mendoá kan korban yang meninggal dalam musibah naas tersebut.

“Kita berduka dengan jatuhnya korban pesawat Hercules. Putra-putra terbaik TNI. Putra-putra terbaik bangsa kita. Atas nama pribadi, saya ucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” ujar Jokowi dalam pelepasan 16 jenazah yang diangkut menggunakan dua Pesawat Militer TNI.

Dalam acara pelepasan secara militer tersebut, terlihat 16 Jenazah diangkat keluar badan pesawat oleh Pasukan Khas TNI AU menuju mobil ambulans yang berjejer dipinggir landasan.

Diketahui, Pesawat Hercules C-130 naas ini berangkat dari Skuadron 32 TNI AU, di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang Dengan pilot Kapten Penerbang Sandi. Pesawat direncanakan untuk mengantar logistik ke Lanud Halim Perdanakusuma, Pekanbaru, Dumai, Medan, kemudian Tanjung Pinang, Ranai, dan Pontianak.

Baru menudara beberapa menit paska lepas landas dari bandara Soeswondo, pesawat naas tersebut jatuh dan menimpa beberapa bangunan yang berada diJalan Jamin Ginting Medan, Sumatera Utara. Atas Kejadian ini 12 kru pesawat dan 110 anggota TNI dan keluarga tewas.

TERPOPULER

Keatas