INTERNASIONAL

3 Orang Tewas Akibat Gempa 6,4 SR di Wilayah Xinjiang

HARIANACEH.co.id — Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter telah mengguncang wilayah Xinjiang China. Gempa tersebut menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai lebih dari 12 orang lainnya. Seperti dilansir dari Press Tv, Jum’at (3/7/2015).

Menurut US Geological Survey (USGS), gempa terjadi pada hari Jumat pagi yang berpusat di Pishan County, 164 kilometer (102 mil) barat laut dari kota Hotan dan 131 kilometer tenggara dari Shache, dikenal sebagai Yarkand dalam bahasa Uighur.

USGS yang mengukur gempa pada kedalaman 20 kilometer mengatakan bahwa akan terjadi beberapa gempa susulan dengan kekuatan 4.8 skala Richter.

Meskipun USGS mengatakan bahwa lokasi gempa di Taklamakan di tepi wilayah yang luas yang tak berpenghuni, pejabat Cina mengatakan tiga orang tewas di Pishan yang memiliki populasi 258.000, terutama Muslim Uighur minoritas.

“Saat ini, gempa telah mengakibatkan tiga orang meninggal, termasuk ayah dan anak, dan lebih dari 20 mengalami cidera,” China National Emergency Broadcasting (CNEB) mengatakan dalam situsnya.

“Jika banyak orang yang berkumpul di satu tempat selama gempa bumi, hal ini dapat menyebabkan bencana yang serius, tetapi dalam kasus ini, ada sedikit orang sehingga tidak begitu serius,” Sun Shihong, seorang peneliti BMKG di China.

TERPOPULER

To Top