HARIANACEH.co.id — Lewis Hamilton meraih sukses gemilang di sirkuit balap mobil Formula 1 kebanggaan negaranya, Inggris, yaitu Silverstone di kawasan Northamptonshire dan Buckinghamshire, Minggu malam, 5 Juli 2015.

Juara dunia bertahan pengemudi F1 ini menjadi kampiun Grand Prix Ingris di Silverstone tiga tahun beruntun dengan membela tim yang berbeda. Kemarin, Hamilton membela tim Mercedes sebagaimana tahun lalu. Tapi, saat menang di sana pada 2013, ia masih membela tim dari negaranya, McLaren.

Hamilton meraih urutan start pertama atau pole position setelah mencatat waktu tercepat dalam babak kualifikasi Sabtu lalu. Tapi, pada awal start kemarin, Felipe Massa, pembalap kawakan dari Brasil yang kini membela tim Williams, berhasil mengejutkan Hamilton dan para pembalap lain.

Start dari deretan posisi ketiga, Massa sukses menyodok untuk menjadi yang terdepan selepas lampu menyala hijau sebagai tanda dimulainya balapan. Pembalap Brasil itu melewati dua pembalap tim Mercedes yakni Hamilton dan Nico Rosberg.

Massa terus mengamankan posisinya paling depan ini meski lomba sempat dihentikan pada putaran kedua akibat tabrakan dua pembalap tim Lotus, Romain Grosjean dan Pastor Maldonado.

Kemelut pada awal balapan ini juga memakan korban lain yakni dua mantan juara dunia, Sebatian Alonso dan Jenson Button, yang membela tim McLaren. Seperti pasangan pembalap Lotus tersebut, Alonso dan Button juga saling bersenggolan. Button terpaksa tak bisa melanjutkan lomba.

Baca Juga:  Kado Istimewa Akan Dipersebahkan Rodgers Untuk Gerrard

Setelah mobil pengaman panitia keluar trek sirkuit dan dilakukan start ulang pada lap atau putaran ketiga, Massa dalam posisi memimpin dan diikuti berturut-turut oleh Hamilton, Valtteri Bottas, Rosberg, dan Hulkenburg.

Ketika rintih hujan mulai turun dan dilakukan start ulang, Hamilton berusaha mengejar Massa. Tapi, pembalap andalan Inggris ini justru malah kehilangan posisi keduanya diambil alih oleh Bottas di putaran keempat. Alhasil, dua pembalap Williams berada di urutan terdepan mengalahkan duet Hamilton-Rosberg.

Di sini ada kejadian menarik ketika dari rekaman pembicaraan antara pembalap dengan tim yang memantau jalannya balapan di paddock, Bottas tampak menolak perintah tim Williams untuk saling mengalahkan dengan Massa.

Pada putaran ke-21, Massa dan Rosberg menyusul Hamilton masuk pit stop. Hanya Bottas dari 4 besar sementara yang masih melaju di sirkuit. Di sinilah titik balik yang menentukan hasil perjuangan keras Hamilton. Ketika Bottas pada akhir harus pit stop, Hamilton keluar dari garasi timnya dan mengambil alih pimpinan.

Pada putaran ke-22, empat posisi terdepan adalah Hamilton, Massa. Bottas, dan Rosberg. Ini pertarungan tim Mercedes dan tim Williams. Pada putaran ke-38, Hamilton mendapat informasi dari timnya melalui radio bahwa curan hujan menurun tapi tidak berhenti.

Baca Juga:  Geram Disertai Bangga Selimuti Van Gaal saat MU Ditahan Chelsea

Ketika hujan membesar lagi, tim Williams tampaknya menemui kesulitan. Massa yang melakukan start gemilang mulai tercecer. Adapun Sebastian Vettel, juara dunia empat kali dari Jerman yang kini membela Ferrari, mengambil keuntungan. Vettel menempel di belakang duet Hamilton dan Rosberg.

Sejak putaran ke-46 sampai finis di lap ke-52, posisi Hamilton dan Rosberg di dua urutan terdepan tak tergoyahkan lagi. Dan, Vettel akhirnya berhasil meraih podium musim ini dengan menduduki urutan ketiga.

Dengan hasil di Silverstone ini, Hamilton dan Rosberg kian kukuh di dua teratas klasemen kejuaraan dunia 2015 dengan mengoleksi nilai 194 dan 177. Di urutan ketiga adalah Vettel dengan nilai 135. Adapun urutan ke-4 selisih nilainya cukup jauh yakni 77 yakni Bottas.

HASIL GP INGGRIS

  1. Lewis Hamilton Inggris Mercedes 1 jam 31 menit 21,729 detik 25 poin
  2. Nico Rosberg Jerman Mercedes 10,956 detik di belakang Hamilton 18 poin
  3. Sebatian Vettel Jerman Ferrari +25,443 15 poin
  4. Felippe Massa Brasil Williams Mercedes +36,839 12 poin
  5. Valtteri Bottas Finlandia Williams Mercedes +1:03,194 10 poin
  6. Daniil Kvyat Rusia Red Bull +1:03.955 8 poin
  7. Nico Hulkenberg Jerman Force India +1:18.744 6 poin
  8. Kimi Raikkonen Finlandia Ferrari 1 putaran 4 poin
  9. Sergio Perez Meksiko Force India 1 putaran 2 poin
  10. Fernando Alonso Spanyol McLaren 1 putaran 1 poin