HARIANACEH.co.id¬†—¬†Tumbuh tua menjadi fase yang tidak dapat dihindari oleh setiap orang. Selain faktor usia, menjadi cepat tua juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi.

Untuk menghindari penuaan dini, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat, yakni makanan yang kaya vitamin dan serat.

Berikut makanan yang membantu Anda tetap sehat dan melawan penuaan dini.

Vitamin B12
Semakin bertambahnya usia, tingkat energi secara alami akan menurun. Banyak dokter dan ahli gizi mengatakan bahwa mereka cenderung berhati-hati dengan pasien berusia 50-60 tahun.

Ini merupakan usia di mana tubuh mengalami penurunan kadar vitamin B12. Nutrisi yang biasanya ditemukan dalam makanan hewani ini membantu mengatur metabolisme dan juga kunci untuk mendukung otak dan sistem saraf yang sehat.

Baca Juga:  5 Jenis Makanan Ini Paling Tidak Sehat Untuk Anda

Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup vitamin B12, cobalah untuk setidaknya mengkonsumsi 3-4 ons protein setiap hari. Protein terdapat dalam seafood, daging tanpa lemak, dan makanan sereal. Jika Anda seorang vegetarian, Anda dapat makan sereal sebagai menu sarapan dan minta dokter untuk memberikan suplemen vitamin B12.

Serat
Proses penuaan tak selamanya baik untuk tubuh. Sistem pencernaan bisa menderita jika Anda tidak menjaganya. Diet tinggi serat dapat membantu menjaga semuanya berjalan lancar. Wanita di atas 50 tahun perlu mendapatkan total harian 21 gram serat baik serat larut maupun tidak larut. Sedangkan pria membutuhkan 30 gram. Jadi, sediakanlah biji-bijian dan sereal, buah, buahan, sayuran dan kacang-kacangan dalam menu harian Anda.

Kalium
Kalium sangat penting bagi tubuh. Asupan tinggi kalium juga berhubungan dengan tekanan darah rendah. Terlalu sedikit kalium bisa menyebabkan kekacauan pada sistem tubuh. Sebaiknya makan 7 atau lebih porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.

Baca Juga:  Benarkah Kanker Payudara Bisa Disebabkan Karena Sakit Gusi?

Pisang merupakan sumber kalium. Demikian juga dengan sayuran hijau gelap, seperti kentang dengan kulitnya, ubi jalar dan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis, melon, jeruk, tomat, dan kacang-kacangan.

Omega-3
Jika Anda adalah tipe orang pelupa, tingkatkan konsumsi asam lemak omega-3. Makanan dengan asam lemak omega-3 dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga memori agar tetap tajam.

Saat memasak, sebaiknya gunakan minyak zaitu atau minyak conola. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi kacang walnut atau almond, salad, yoghurt, dan makan ikan salmon atau sarden setidaknya dua kali setiap minggu.

loading...