HARIANACEH.co.id — Setiap perempuan harus memperhatikan dan menjaga organ kewanitaannya tetap sehat. Jika tidak, akan berisiko terkena infeksi kandung kemih, infeksi bakteri atau jamur, serta berbagai iritasi yang semuanya menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman.

Agar terhindar dari berbagai infeksi dan iritasi vagina, ada baiknya Anda selalu memasukkan makanan-makanan berikut dalam menu sehari-hari, dilansir dariAllwomenstalk, Senin (6/7/2015).

1. Yoghurt alami atau probiotik 
Probiotik baik untuk menjaga kadar pH atau keasaman vagina. Yoghurt alami tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan melainkan juga untuk menghalau infeksi jamur pada organ intim perempuan.

2. Air 
Ini adalah solusi paling sederhana namun efektif. Air sangat diperlukan oleh membran mukosa vagina supaya tetap dalam kondisi terbaik. Agar bisa berfungsi, vagina harus terhidrasi dengan baik dan hal yang paling mudah untuk mencapai kondisi tersebut adalah dengan mengonsumi air. Air juga berkontribusi baik pelumasan vagina serta membantu menghilangkan aroma tak sedap.

Baca Juga:  Korban Tewas Akibat MERS Capai 282 Orang di Arab Saudi

3. Jus cranberry
Rasa asam jus cranberry memberi efek positif bagi kesehatan kandung kemih. Dan kualitas keasaman jus cranberry juga membantu keseimbangan pH vagina yang bisa mengatasi infeksi saluran kemih.

4. Sayuran dan buah segar 
Sayuran dan buah tidak hanya penting untuk menjaga berat badan melainkan juga efektif membuat vagina tetap sehat. Sayuran hijau seperti bayam dan kale membantu sirkulasi darah tetap lancar dan mencegah vagina tidak kering. Sementara buah-buahan jenis sitrus seperti jeruk dan lemon juga berkontribusi meningkatkan Vitamin C dalam jumlah tinggi.

5. Bawang Putih
Sebagai antifungal dan antimikrobakterial, bawang putih baik untuk kesehatan vagina. Mengonsumsi sejumlah bawang putih mentah bisa membunuh jamur serta meredakan infeksi.

Baca Juga:  Mulai Sekarang Anda Harus Lakukan 5 Kebiasaan Hidup Sehat Ini

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian 
Beragam kacang-kacangan termasuk walnut, hazelnut, dan biji bunga matahari serta almon mengandung vitamin E dosis tinggi yang mencegah dari kekeringan vagina. Jumlah zinc yang melimpah pada kacang-kacangan dan biji-bijian membantu kelancaran siklus menstruasi.

7. Ubi manis
Kandungan vitamin A pada ubi manis menguatkan dan menyehatkan dinding uterus, juga membantu meningkatkan produksi hormon yang membuat tubuh tetap berenergi.

loading...