HARIANACEH.co.id — Tak semua tahu tentang banyaknya jennis teh di dunia. Namun, Pecinta minum teh mungkin sudah mengetahui ada begitu banyak jenis teh. Dari Earl Grey, English Breakfast, sampai Chamomile Tea.

Sebagian besar teh itu sebetulnya berasal dari tanaman yang sama. Sementara varietasnya tergantung dari bagaimana teh itu dicampur dan bagaimana mereka teroksidasi.

Tapi ada beberapa teh yang begitu populer dengan cita rasanya. Apa saja? Ini dia.

1. Teh Hitam

Teh jenis ini, saat ini merajai pasar di AS dan Eropa dengan rasa pahitnya yang kaya karena mengandung kafein lebih banyak daripada teh yang tak teroksidasi. Teh hitam terbuat dari daun Camellia Sinensis. Varietas yang paling terkenal berasal dari Assam dan Darjeeling, di India.

Baca Juga:  Saat Udara Panas, Maksimalkanlah Air Mawar

2. Teh Hijau

Tidak seperti teh hitam, teh hijau lebih populer di wilayah Asia. Teh ini sebagian besar tumbuh di Tiongkok dan Jepang. Rasanya yang eksotis termasuk cherry blossom ada pada teh ini dan penyajiannya biasanya menggunakan teko besi. Ada banyak gugus katekin yang terkandung pada teh hijau dalam bentuk molekul epigallocatechin-3-gallate (EGCG), di mana dapat menghambat tumorigenesis (tumor) pada tahap inisiasi, promosi dan progresi.

3. Teh Oolong

Teh oolong adalah yang paling menonjol dari teh lainnya dan lebih terkenal. Teh oolong yang diseduh dengan baik memiliki rasa yang pahit, namun meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum. Umumnya teh jenis inilah yang disajikan di restoran-restoran Tionghoa yang menghidangkan dim sum atau masakan Tionghoa lainnya.

Baca Juga:  Ski Resort Termewah di Dunia Dibangun Pemerintah Korea Utara

4. Teh Putih

Hampir seperti teh hijau, Teh putih kadang mengandung bunga dan daun teh yang masih muda, di mana kemudian diketahui mengandung kafein lebih rendah dibandingkan daun yang lebih tua, dan dapat disimpulkan bahwa teh putih mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan dengan teh hijau. Selain itu, teh putih juga memiliki rasa bunga karena mengandung tunas tanaman.

5. Teh Merah

Di beberapa bagian di Tiongkok, teh hitam disebut teh merah. Tapi eksklusivitas terletak pada cita rasa yang dikeluarkannya. Teh merah tidak diperoleh dari tanaman camelia, tetapi terbuat dari ramuan asli Afrika Selatan yang dikenal dengan rooibos. Teh merah berguna untuk membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

loading...