HARIANACEH.co.id — Peramban buatan Google, Chrome, berhasil mencetak rekor dengan total unduhan sebanyak satu miliar di gawai atau gadget berbasis Android. Angka tersebut cukup fantastis karena Chrome baru diluncurkan pada 2012. Ini relatif baru jika dibandingkan peramban populer lain, yakni Safari milik Apple dan Internet Explorer yang dibuat Microsoft.

“Semakin banyaknya perangkat bergerak Android mendorong popularitas Chrome,” demikian tulis situs Android Police, Minggu (5/7/2015). Terlebih, kini banyak telepon pintar dan sabak digital atau tablet Android yang harganya murah.

Chrome pertama kali diperkenalkan lewat versi Beta atau belum disempurnakan. Kala itu, seri Android yang dapat mendukungnya Android 4.1 alias Ice Cream Sandwich. Perangkat yang baru bisa mengaksesnya pun hanya ponsel Nexus 7.

Baca Juga:  Dalam Waktu Dua Menit, Baterai Ini Dapat Terisi 70 Persen

Selanjutnya, Google memperbarui fiturnya agar bisa dinikmati di berbagai sistem operasi termasuk kompetitornya, iOS yang dibuat Apple. Chrome kemudian juga populer bagi pengguna komputer.

“Chrome sukses membangun pemikiran pengguna Internet sebagai peramban yang diandalkan,” ujar situs Ubergizmo. Sehingga, Google tidak harus berusaha keras mempromosikan Chrome ke pengguna gawai.

Rupanya, Chrome tidak sendirian bertengger sebagai aplikasi dengan unduhan mencapai satu miliar di toko online Google Play. Facebook Messenger lebih dulu meraih jumlah unduhan yang sama dalam sebulan terakhir.