HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Doodle Google Kenang Sutradara Ultraman Eiji Tsuburaya

2

HARIANACEH.co.id – Tanggal 7 Juli 2015 merupakan hari ulang tahun kelahiran Eiji Tsuburaya. Salah seorang sutradara ternama asal Jepang yang dikenang Google di halaman utama.

Jika anda adalah penggemar film kartun, tentu sudah menonton film Ultraman. Berkat kejeniusan Eiji Tsuburaya, ia mampu membuat gebrakan dengan rutin memproduksi film kartun. Bahkan pada era kejayaannya, Eiji Tsuburaya dijuluki sebagai Master of Monster.

Beberapa film hasil garapannya bercerita tentang pahlawan yang menyelamatkan manusia dari hewan dan monster. Ultraman sendiri diproduksi sejak tahun 1966. Film Ultraman menjadi salah satu film fenomenal dan terkenal di seantero dunia.

Tak heran jika Google hari ini mengenang Eiji Tsuburaya. Google ikut memperingati hari kelahiran Eiji Tsuburaya yang ke-114 pada hari ini Selasa 7 Juli 2015.

Profil Singkat:

Pada usia 14 tahun (1915) Eiji lulus SMA lalu melanjutkan kependidikan departemen penelitian dan pengembangan Utsumi, sebuah perusahaan mainan. Pada tahun 1919 ia ditawari pekerjaan oleh sutradara Yoshiro Edamasa.

Tahun 1939 ia menjabat sebagai kepala Visual Effects Departemen Toho. Eiji lalu terlibat dalam film dengan menciptakan Godzilla pada tahun 1954. Keberhasilan Godzilla inilah yang kemudian mengantar lahirnya film-film fiksi ilmiah lainnya.

Biodata Eiji Tsuburaya:

Lahir: 7 Juli 1901, Sukagawa, Prefektur Fukushima, Jepang
Meninggal: 25 Januari 1970, Itō, Prefektur Shizuoka, Jepang
Pasangan: Masano Araki (m. 1930–1970)
Anak: Hajime Tsuburaya, Noboru Tsuburaya, Akira Tsuburaya
Orang tua: Isamu Shiraishi, Sei Tsuburaya

loading...