HARIANACEH.co.id — Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk mengurangi konsumsi gorengan saat berbuka puasa karena jenis makanan tersebut sulit dicerna.

“Kurangi konsumsi gorengan, makanan bersantan atau makanan tinggi lemak lainnya saat berbuka puasa,” kata Kepala Balitbangkes, Tjandra Yoga Aditama di Jakarta, seperti dikutip Liputan6.com Selasa.

Dia menambahkan, masyarakat juga sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang berlebihan karena bersifat diuretik atau mengeluarkan air dari tubuh. “Konsumsi makanan yang sangat penting untuk ditingkatkan adalah sayuran dan buah,” katanya.

Sayuran dan buah-buahan mengandung serat yang tinggi sehingga lambat dicerna dan membuat rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu buah dan sayuran mengandung vitamin dan mineral karena berfungsi membantu metabolisme zat gizi lainnya.

Baca Juga:  Ingin Payudara Tetap Kencang? Ini Tipsnya

Sementara, mineral yang penting dikonsumsi selama berpuasa adalah kalium. “Karena dapat menjaga keseimbangan air tubuh,” katanya. Buah-buahan dengan kandungan kalium tinggi, di antaranya kurma, jambu merah, srikaya dan lain sebagainya.

 

loading...