HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

BBM, Aplikasi Berbasis E Learning Menuju Banda Aceh Smart Islamic City

2

HARIANACEH.co.id – Komunitas IDEA (Innovative Development in Education for Aceh) kemarin memberikan paparan teknis dalam pengusulan produk aplikasi buatannya, Bersama Belajar Mengajar (BBM) kepada jajaran pimpinan bidang pendidikan di Kantor Walikota  Banda Aceh, Rabu (8/7/2015).

Aplikasi berbasis E learning ini merupakan produk Perangkat Lunak yang dirancang untuk mendukung proses pendidikan di Banda Aceh dengan prinsip berbagi bahan ajar dengan menggunakan websites terintegrasi.

Dalam sambutannya, Asisten III Walikota Banda Aceh, Bapak Nurdin S.Sos menyatakan Aplikasi ini akan diberikan secara gratis oleh IDEA sebagai bentuk kontribusi dari warga Banda Aceh untuk memajukan pendidikan di Banda Aceh dari segi pemanfaatan Teknologi Informasi.

BBM adalah Aplikasi yang memungkinkan guru dan siswa di Banda Aceh untuk saling berbagi bahan ajar di dalam sebuah sistem yang dapat dinikmati baik di PC, Laptop maupun Smartphone. Bahan Ajar yang telah disiapkan oleh Guru dari salah satu SMA di Banda Aceh akan dapat dinikmati oleh siswa siswi dari SMA yang lain di Banda Aceh dengan autentifikasi berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Dengan diimplementasikannya BBM, diharapkan bahan ajar yang telah distandarkan oleh Guru sesuai dengan silabus dan Rencana Program Pemberlajaran (RPP) nya akan bisa dinikmati oleh seluruh insan pendidikan di Banda Aceh, sehingga akan didapatkan kualitas pendidikan yang merata di seluruh SMA Banda Aceh.

Project Manager IDEA, Jurnalis J. Hius ST, MBA menjelaskan Inovasi dan kreatifitas adalah faktor penting untuk membangun pendidikan menuju visi Banda Aceh menuju Model Kota Madani dalam penerapannya pada Smart Islamic City. IDEA akan senantiasa bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat dan pemerintah baik dalam bentuk produk maupun jasa yang berkenaan dengan Pendidikan.

Pada pertemuan yang dipimpin oleh Asisten III Walikota Banda Aceh tersebut turut hadir Kepala Sekolah SMA/SMK se Banda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (DISDIKPORA) Banda Aceh, Syaridin S.Pd M.Pd dan jajarannya, perwakilan dari Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika (DISHUBKOMINTEL) Banda Aceh serta perwakilan dari BAPPEDA Kota Banda Aceh.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan itu, Aplikasi BBM akan diuji sampling ke beberapa SMA di Banda Aceh sebelum dilaunching oleh Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Jamal pada Tahun Ajaran Baru 2015/2016.

loading...