HARIANACEH.co.id — Pangeran Saud al-Faisal, Mantan Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, meninggal dunia pada Kamis (9/7/2015), pada usia 75 tahun atau dua bulan setelah dia meletakkan jabatan yang digenggamnya selama 40 tahun.

Kematian Al-Faisal diumumkan langsung oleh kerabat dekatnya, Nawaf al-Faisal, di laman Facebook. Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri membenarkan kabar wafatnya Pangeran Saud melalui akun Twitter seraya mengucapkan belasungkawa.

“Saya berharap dapat menyangkal rumor kabar kematian Anda,” kata juru bicara Osama Nugali di Twitter.

Keponakan Pangeran Saud, Saud Muhammad al-Abdullah al-Faisal, juga menegaskan kematian pamannya. “Semoga Allah memasukkan almarhum ke dalam surga-Nya,” cuitnya lewat akun Twitter-nya.

Baca Juga:  Wow! ISIS Memiliki 46.000 Akun Twitter Dan Rata - Rata 1000 Follower Per Akun

Pangeran Saud, yang ditunjuk pada 1975, adalah menteri luar negeri terlama di dunia. Pria yang lahir pada 1940 itu adalah salah satu dari anggota tertinggi di elite kekuasaan Saudi. Dia dikenal ulung berdiplomasi selama empat dekade sebelum meletakkan jabatannya pada April 2015 dengan alasan kesehatan.

Kerajaan Arab Saudi menyatakan berkabung selama beberapa hari dan mengerek bendera setengah tiang. Upacara pemakaman Pangeran Saud akan dilaksanakan pada Sabtu malam, 11 Juli 2015, waktu setempat di Kota Mekah.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dan Raja Yordania Abdullah mempersingkat kehadirannya dalam pertemuan di Davos, Swedia, agar bisa ambil bagian dalam proses pemakaman. Yordania mengumumkan 40 hari berkabung, sementara Mesir tujuh hari.

Baca Juga:  Dilaporkan Pengusaha Terkaya di Tiongkok Satu Ini Hilang