Oleh: Teuku Mahlel[1]

HARIANACEH.co.id — Lebaran Idul Fitri hanya dalam hitungan hari lagi, rakyat Aceh akan menyambutnya dengan tradisi meugang, kejadian di rumah Wagub Aceh Muzakir Manaf antri minta uang meugang semoga tidak terjadi lagi.

Takutnya kalau terulang kembali, Teuku Azril akan minta dihapuskan meugang menyambut lebaran Idul Fitri, yang akan kita nantikan beberapa hari kemudian ini, diharapakan Teuku Azril tidak menyerukan  menghapuskan meugang menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Baca: Warga Serbu Rumah Wagub untuk Minta Uang, Seorang Nenek Terluka

Antrian uang meugang di kediaman dinas rumah Wakil Gubernur Muallem salah satu alasan Teuku Azril minta tradisi meugang untuk di hapuskan.

Nama Teuku Azril terus menjadi perbincangan, semua rakyat Aceh membahas Teuku Azril, silahkan masuk ke Facebook selalu ada yang menyinggung Teuku Azril.

Baca Juga:  Benarkah Kilometer Nol Republik Indonesia di Pulo Aceh?

Di sosial media Facebook nama Teuku Azril terus menjadi perbincangan para netizen aceh, contohnya dalam akun resmi Facebook milik Thamren Ananda Pengurus Pusat PNA https://www.facebook.com/thamren.ananda?fref=ts

‘ISIS (Isu Seperti Itu untuk Siemeugang) itu aja kok repot. Yg mempublikasi sedikit aneh, yang menanggapi juga aneh. Yg melontarkan hanya sie meugang…..piss broo.’ tulis Thamren Ananda.

 

Pemilik akun Facebook bernama Ali Murtaza juga turut memberikan komentar: “Nyan ka kenong Teuku Azril.”

Sejumlah pemuda Aceh diberbagai kabupaten/kota, mengatakan langkah Teuku Azril meminta tradisi meugang dihapuskan sangat tidak tepat. rakyat Aceh harus waspada dan jaga-jaga agar Teuku Azril tidak menganjurkan hapus meugang lebaran.

Pasalnya, tradisi itu sudah mendarah daging di dalam adat istiadat Aceh. Kalau Teuku Azril bersedia kita akan memberikan pendidikan sejarah Aceh kepada Teuku Azril.

Baca Juga:  Meluruskan Jalan Sejarah Perjuangan Aceh

Himbauannya yang meminta agar tradisi meugang di Bumi Rencong ini dihapuskan telah melukai hati rakyat Aceh, sekali lagi Teuku Azril harus perlu belajar sejarah Aceh lagi. Belajar Aceh jangan di Jakarta tapi di Aceh.

Baca: Tradisi Meugang di Aceh Harus Dihapus! Ide Gila Siapa itu?

Teuku Azril perlu belajar sejarah Aceh, agar tidak keliru dalam memberikan pernyataan, Tokoh Muda Aceh Jakarta harus memahami adat-adat kultur Aceh. Tidak asal saja memberikan komentar, “kami siap lawan Teuku Azril dengan cara yang benar. Landasannya adalah tahu sejarah Aceh,” demikian.


  1. Pemerhati Informasi Aceh dan berdomisili di Aceh Timur.