HARIANACEH.co.id — Lembaga kemanusiaan Australia Relief, Jum’at (10/7/2015) menyerahkan 409 paket bantuan kepada pengungsi asal Myanmar dan Bangladesh yang berada di kamp penampungan Bayeun Kabupaten Aceh Timur.

Selain di Bayeun, organisasi non pemerinrah itu juga menyerahkan 678 paket bantuan kepada etnis rohingya yang berada di penampungan Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa pada hari yang sama.

Deputi Australia Relief Indonesia, Mr Fuad mengatakan bantuan tersebut terdiri dari sarung, sajadah, roti dan sejumlah uang saku.

Dilokasi penampungan, Mr Fuad juga memuji ketulusan dan keikhlasan rakyat Aceh dalam membantu serta menyelamatkan nyawa ratusan jiwa warga negara Myanmar dan Bangladesh yang terlunta di samudra luas.

Baca Juga:  Ketua DPRK Aceh Selatan Bantah Terlibat Perambahan Hutan

“Rakyat Aceh pahlawannya rohingya,” kata Fuad dihadapan Asisten II Pemkab Aceh Timur, Usman A Rachman saat berada di kamp Bayeun, Jum’at pagi.

Aksi heroik nelayan Aceh yang telah menyelamatkan ratusan ‘manusia perahu’ telah membuka mata dunia bahwa etnis rohingya benar tertindas di negara asalnya dan membutuhkan uluran tangan semua pihak.

“Mata dunia tertuju ke daerah ini, setelah penyelamatan ratusan nyawa manusia dan ganasnya  gelombang lautan,” pungkas Mr Fuad.