HARIANACEH.co.id — Pengurus Pusat Korps Alumni Zawiyah Cot Kala (PP Kopazka) menggelar safari ramadhan ke sejumlah masjid dalam wilayah Kota Langsa. Kegiatan dimaksud merupakan wujud implementasi tri darma perguruan tinggi.

Demikian dikatakan Ketua Umum PP Kopazka Amiruddin Yahya, MA kepada wartawan di Langsa, Jum’at (10/7/2015).

Menurutnya, Kopazka memiliki kewajiban secara akademik dan almamater dalam mengimplementasikan tri darma perguruan tinggi di tengah kehidupan bermasyarakat, sehingga keberadaan para alumnus kampus itu bisa mengabdi, mendidik sekaligus meneliti fase kehidupan masyarakat khususnya di pelosok desa.

“Rangkaian pengabdian, pendidikan dan penelitian merupakan perwujudan implementasi tri darma sebagai pemilik almamater perguruan tinggi,” ungkap Amiruddin.

Baca Juga:  Mahasiswa Sastra Arab UIN Ar-Raniry Ikuti Pelatihan Mengarang Bahasa Arab

Dijelaskan, tim safari ramadhan yang telah dibentuk bertugas menyampaikan syair islam sekaligus merajut silaturrahmi dan ukhuwah antara insan akademis dengan masyarakat luas.

Selain itu, Amiruddin juga mengatakan pentingnya warga kampus berada di tengah masyarakat guna mengakselerasikan ketimpangan sosial yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat itu sendiri.

Adapun tim safari ramadan Kopazka dipimpin Hendrawan sebagai ketua panitia pelaksana yang beranggotakan sejumlah alumni kampus perguruan tinggi islam yang kini sedang berjuang untuk mengembalikan    penabalan nama Zawiyah Cot Kala di belakang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) itu. (HAI/Herman)