NASIONAL

Tiap Tahun PT KAI Upayakan Tambah Rangkaian Kereta Api

HARIANACEH.co.id — Animo masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api membuat PT KAI harus bekerja keras memberikan pelayanan maksimal. Termasuk penambahan rangkaian kereta api yang menjadi favorit para calon penumpang.

“Setiap tahun ada penambahan (penumpang), makanya kita berupaya untuk menambah (rangkaian kereta api). Penambahan pasti kita lakukan setiap tahun meskipun tidak bisa sekaligus itu akan bertahap dilakukan,” ujar Dirut PT KAI Edi Sukmoro, di stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (11/7/2015).

Menurut Edi, selain menambah rangkaian kereta api, pihaknya juga melakukan peremajaan kereta untuk kereta-kereta yang sudah tua. Memang, kata dia, rata-rata kereta punya usia masa pakai hingga 20 tahun maksimal. Jika pemerintah belum mampu memberikan rangkaian kereta baru, pihaknya akan melakukan peremajaan.

Peremajaan hingga penggantian rangkaian kereta api diprioritaskan untuk kelas ekonomi. Dia beralasan, agar pengguna kelas ekonomi punya harapan bisa menaiki kereta api yang cukup bagus menuju kampung halaman.

Selain itu, rangkaian kereta api tambahan yang dioperasikan tiap tahun untuk menambah perjalanan kereta akan ditarik menjadi kereta api reguler. Hal ini memungkinkan PT KAI melakukan beberapa kali perjalan ke salah satu tujuan dalam sehari.

TERPOPULER

To Top