HARIANACEH.co.id — Baidu Browser, aplikasi peramban khusus perangkat mobile berbasis Android,kembali merilis daftar pencarian dan konten populer yang diakses oleh para penggunanya di Indonesia. Daftar ini disusun berdasarkan analisisdata aktivitas pengguna Baidu Browser di Indonesia selama kuartal kedua tahun 2015 (Q2/2015).

Menurut analisis tersebut, kebiasaan dan preferensi pengguna mobile browser dalam mengakses informasi pada Q2/2015 sedikit berubah jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Pada Q1/2015, para pengguna Baidu Browser lebih mengutamakan perambannya untuk membaca berita-berita penting, seperti berita nasional (34%) dan politik (22%). Sementara, pada Q2/2015 mereka lebih banyak membaca berita-berita nasional (26,6%) dan hiburan (22%). Selama kuartal kedua ini, berita politik turun peringkat ke posisi kelima dengan porsi sebesar 8,6%.

Temuan lain menunjukkan bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih menjadi tokoh terpopuler di negeri ini. Dari sepuluh profil yang beritanya paling banyak dicari dan dibaca oleh pengguna Baidu Browser, hanya mereka berdua yang berasal dari kalangan pemerintah dan politisi. Sementara tokoh-tokoh populer lainnya berasal dari kalangan selebriti.

Baidu Browser membagi daftar pencarian dan konten populernya selama Q2/2015 ke dalam tiga kategori, yakni Most Popular Profiles, Top Keywords Search Category, dan Top News Category. Detailnya adalah sebagai berikut:

Most Popular Profiles

Berikut ini daftar tokoh populer di Indonesia yang beritanya paling banyak dibaca orang melalui Baidu Browser selama Q2/2015:

  1. Jokowi (15,9%)

Selama Q2/2015, ada beberapa topik berita yang mendongkrak popularitas Jokowi, yakni berita tentang pernikahan anak sulungnyaGibran Rakabuming, fanatisme warga Solo terhadap Jokowi, serta kebiasaanJokowi membagikan amplopsaatpulang ke Solo.

  1. Selvi Ananda (13,1%)

Sosok Selvi Anandapopuler di Q2/2015 karena berita-berita seputar pertunangan dan pernikahannya dengan putra sulung Presiden Jokowi.

  1. Ahok (10,9%)

Ahok masih menjadi tokoh kontroversial yang menarik perhatian. Berita-berita tentang Ahok yang banyak dibaca oleh pengguna Baidu Browser berhubungan dengan kegiatannya blusukan dan dan marah-marah di Tanah Abang, serta sikapnya melaporkan anggota polisi yang membela pengendara motor yang menerobos busway.

  1. One Direction (7,1%)

Berita-berita tentang koleksi mobil para personel One Directiondan alasan keluarnya Zayn Malik dari grup musik tersebut mendongkrak popularitas mereka pada Q2/2015.

  1. Ray Sahetapy (4,6%)
Baca Juga:  Aturan Adware Kini Diperketat Microsoft

Nama Ray Sahetapy terangkat karena adanya pemberitaan tentangdirinya akan bermain dalam film Captain Americayang terbaru.

  1. Syahrini (2,4%)

Artis yang kontroversial dan penuh sensasi ini menarik perhatian banyak pembaca, terutama karena gaya hidupnya yang mewah dan bergelimangharta.

  1. Ayu Tingting (1,3%)

Ayu Tingting menjadi salah satu tokoh paling populer di Baidu Browser terkait dengan berita-berita mengenai hubungan asmaranya dengan Shaheer Sheikh, pemeran Arjuna dalam serial IndiaMahabharata.

  1. Bella Shofie (1,1%)

Selebriti yang satu ini populer karena ia banyak dihujat di media sosial. Dia juga dikenal karena gaya hidupnyayang mewah dan pernikahannya dengan pria yang sudah beristri.

  1. Kim Kardashian (,8%)

Cukup mengejutkan bahwa selebriti internasional ini masuk dalam daftar tokoh populer yang beritanya banyak dibaca di Baidu Browser. Kim Kardashian menarik perhatian pembaca terkait dengan berita soal keluarga dan rumah tangganya dengan Kanye West, serta gaya hidupnyayang mewah.

  1. Olga Syahputra (,7%)

Berita tentang meninggalnya Olga Syahputra menarik perhatian para pengguna Baidu Browser, dan menjadikan komedian ini sebagai salah satu tokoh paling populer di Q2/2015.

Daftar di atas diperoleh berdasarkan 10.000 artikel paling populer yang dibaca oleh pengguna Baidu Browser selama Q2/2015.              

Top Keywords Search Category

Sama seperti pada Q1/2015, daftar pencarian populer berdasarkan kategori di Baidu Browser selama Q2/2015 masih didominasi oleh kategori hiburan dan teknologi. Berikut ini daftar pencarian populer berdasarkan kategori yang dilakukan oleh pengguna Baidu Browser di Indonesia selama Q2/2015:

  1. Hiburan (sebanyak 46,4%)

Kata kunci yang masuk dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan konten dewasa, musik dan film, serta komik, gambar, dan cerita.

  1. Teknologi (31,4%)

Kata kunci yang masuk dalam kategori ini berhubungan dengan layanan e-commerce, portal berita, serta layanan email, search engine, dan media sosial.

  1. Berita dan Gosip (17,3%)

Kata kunci yang paling banyak digunakan dalam kategori ini antara lain berhubungan dengan layanan Gojek, pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, serta pembunuhan Engeline.

Menilik hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kebanyakan pengguna memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta ingin membaca dan mencari informasi tentang hal-hal yang menghibur, serta topik-topik yang ringan dan santai.

Baca Juga:  Pluto Punya Lapisan Air Seluas Laut?

Top News Category

Baidu Browser menampilkan beragam konten berita berdasarkan kategori. Berikut ini adalah kategori-kategori berita di Baidu Browser yang paling banyak dibaca oleh para pengguna di Indonesia:

  1. Nasional (26,6%)
  2. Hiburan (22,0%)
  3. Gaya Hidup (21,3%)
  4. Internasional (13,3%)
  5. Politik (8,6%)

Temuan di atas cukup menarik, sebab pada Q2/2015, kategori berita hiburan menempati posisi kedua teratas, sementara kategori politik hanya menempati posisi kelima. Padahal, jika menilik ke belakang, pada Q1/2015 kategori hiburan menempati posisi keempat dengan porsi sebesar 14% dan kategori berita politik menempati posisi kedua dengan porsi sebesar 22%.

Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa berita tentang berbagai hal yang terjadi di dalam negeri masih menjadi daya tarik nomor satu bagi para pembaca di Indonesia. Selain itu, mereka juga menyukai bacaan yang santai dan menghibur.  Ada pula kecenderungan mereka mulai jenuh dengan berita-berita politik yang terjadi selama Q2/2015, meskipun berita politik masih menjadi berita yang paling banyak mereka baca.

Temuan Lain

Masih berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Baidu Browser selama Q2/2015, rata-rata pengguna mengunjungi 31 situs web setiap harinya. Selain itu, rata-rata waktu yang mereka habiskan untuk menjelajah mobile internet setiap harinya adalah sebanyak 26 menit.

Selama Q2/2015, total jumlah pencarian yang dilakukan oleh pengguna di Baidu Browser mencapai lebih dari 33 juta pencarian. Sementara, dalam periode yang sama, total jumlah halaman web yang dikunjungi oleh pengguna (totalpage views) mencapai lebih dari 1,5 miliar.

“Sesuai dengan komitmen kami untuk mendukung perkembangan ekosistem mobile di Indonesia, kami kembali merilis laporan mengenai kebiasaan para pengguna mobile di dalam negeri, dalam menggunakan aplikasi peramban mereka,” ungkap Bao Jianlei, Director Baidu Indonesia.

“Kami berharap laporan ini dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi para pelaku industri mobile, terutama bagi para pengembang konten untuk memahami karakteristik pengguna mobile di Indonesia,” Bao menambahkan.

Hingga kini di Indonesia saja, Baidu Browser telah diunduh lebih dari 20 juta kali, serta telah memiliki 7 juta pengguna bulanan aktif (monthly active users).

loading...