HARIANACEH.co.id, CALANG — Akibat hujan deras selama dua hari berturut-turut Aceh Jaya dilanda banjir bandang yang cukup parah dari sebelumnya.

Titik wilayah yang cukup parah berada di desa Monmata Kecamatan Krueng Sabee dimulai dari pagi pukul 03.00 WIB dini hari sampai pukul 22.00 WIB, kondisi ini diperparah lagi dengan putusnya jembatan penghubung dilintasan jalan propinsi di desa tersebut.

Puluhan keluarga yang rumahnya terendam banjir mengungsi ke tempat yang lebih aman. Serta antrian kendaraan baik mobil pribadi, kendaraan motor serta angkutan umum juga truck barang masih tertahan dari desa Padang Datar hingga tempat kejadian.

Seperti pantauan HARIANACEH.co.id pada siang hari kemarin, beberapa orang terjebak akibat kuatnya arus air yang sempat menimbulkan korban sebanyak tiga orang namun langsung dilarikan ke RSUD Teuku Umar. Ketiga korban tersebut selamat namun kendaraan motor dan becak milik salah satu korban belum ditemukan.

Baca Juga:  Terkait PERTAMA, Keuchik se Banda Aceh Diminta Membantu

Lihat Foto: Arus Mudik Lintas Barat Selatan Putus Total, Aceh Jaya Dilanda Banjir Bandang

Rabu malam (15/07/2015) pada pukul 22.00 WIB salah seorang pemudik pemudik bernama Maulana bestatus mahasiswa Unsyiah jurusan Arsitek yang akan mudik ke Labuhan Haji menggungkapkan  kekecewaannya terhadap pemerintah baik Propinsi maupun Kabupaten yang terkesan kurang tanggap terhadap penangganan bencana yang terjadi.

Disisi lain, salah seorang Anggota DPRK dari Aceh Barat bernama Ramli. SE, yang akan mudik dari Banda Aceh menuju Meulaboh ikut berpendapat soal lambannya penanganan yang diberikan Pemerintah Provinsi Aceh dalam mengatasi bencana banjir, padahal Pemerintah Provinsi Aceh telah memantau dan mengetahui kondisi desa Monmata dari awal dan seharusnya dapat mengambil tindakan cepat-tanggap.

Baca Juga:  Disbupar Aceh Apresiasi Pacuan Kuda Tradisional Gayo

Jalan Lintas Barat-Selatan merupakan jantung arus mudik dan ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Aceh apalagi orang Nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Aceh Barat.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Akan Rayakan Lebaran di Aceh dan Solo

Dari pantauan HARIANACEH.co.id, disalah satu antrian terdapat mobil Ambulance yang sedang membawa jenazah untuk dibawah pulang ke Nagan Raya. Hampir seluruh pemudik mengeluhkan prasarana umum khususnya transportasi darat.

Seperti pantauan HARIANACEH.co.id dilapangan, para petugas BPBK Aceh Jaya, jajaran TNI serta Polres Aceh Jaya dan didukung RAPI telah berada dilokasi titik bencana dan dimonitor langsung oleh Bupati Aceh Jaya Ir. Azhar Abdurrahman untuk mengamankan dan melancarkan arus mudik lintas Barat-Selatan tersebut. (HAI/Asrul Sani)

loading...