HARIANACEH.co.id¬†—¬†Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin mengimbau agar masyarakat tetap menjaga ketertiban dalam menjalankan takbiran. Dia juga mengingatkan agar kegiatan takbiran tak dilakukan sampai larut malam, sebab stamina harus terjaga guna mengikuti Salat Id besok pagi.

“Kalau konvoi, pawai mohon tertib jangan mengganggu ketertiban umum, dan jangan terlarut malam,” kata Lukman di Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Sebelumnya, pemerintah menetapkan 1 Syawal 1436 H jatuh pada Jumat (17/7) besok. Lukman menjelaskan bahwa berdasarkan kesaksian dalam forum sidang isbat, didapati bahwa hilal tercatat di Pelabuhan Ratu 3,11 derajat, elonasinya 0,32 persen, jarak busur bulan-matahari 5,72 derajat. Umur hilal 9 jam 26 menit dan 52 detik.

Baca Juga:  Gedung Utama DPRD Bengkulu Hangus Ludes

Menurut Lukman, berdasarkan kriteria yang dipegang Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, kemungkinan hilal bs dilihat pada posisinya 3 derajat, elonasi 3 derajat dan umur 8 jam.

“Data di Pelabuhan Ratu sudah sesuai dengan kriteria tadi,” ujarnya.

Seperti diketahui dalam sidang isbat mendapat laporan dari beberapa titik yang ditugasi untuk melakukan penglihatan hilal. Ada 4 tempat, Bukit Condrodipo Gresik Jawa Timur ada 5 orang yang telah disumpah oleh Kemenag.

Kemudian di Tanjung Kodok Lamongan Jawa Timur telah pula disumpah Kemenag, ketiga di Bojonegoro saksinya camat dan wakil Bupati Bojonegoro sudah disumpah Kemenag, yang keempat di Kepulauan Seribu.

loading...