HARIANACEH.co.id — Apple dikabarkan tidak akan menghadirkan versi 16GB dari iPhone generasi selanjutnya.

iPhone 6S akan dibekali dengan kapasitas memori internal terkecil 32GB.

Bersumber dari Foxcoon, perusahaan asal China yang memproduksi perangkat Apple, Phone Arena melaporkan bahwa iPhone 6S dan iPhone 6S Plus akan dikemas dengan kapasitas memori 16GB.

Kedua perangkat tersebut diperkirakan hanya akan hadir dengan kapasitas memori internal 32GB, 64GB dan 128GB.

Sebelumnya, Apple disebut-sebut segera meninggalkan versi 16GB pada iPhone, dan meng-upgrade model dasar menjadi 32GB yang dimulai dengan iPhone seri 6S.

Namun, kabar lain menyebutkan bahwa iPhone 6S masih akan hadir dengan memori 16GB. Tahun lalu, Apple meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dengan pilihan memori 16GB, 64GB dan 128GB.

Baca Juga:  Z170 GAMING, Motherboard Gaming Terbaru dari MSI

Terlepas dari ukuran fisik iOS yang diklaim Apple sangat efisien, ternyata hampir 20 persen dari memori internal 16GB pada iPhone 6 diambil oleh sistem operasi, sehingga hanya menyisakan 13GB untuk digunakan.

Sementara itu, aplikasi, video, dan bahkan musik membutuhkan ruang lebih besar setiap tahunnya, yang berarti bahwa kebutuhan untuk memori internal iPhone yang lebih besar lebih mendesak dari sebelumnya.

Sebagai perbandingan, saingan terbesar Apple di pasar smartphone, Samsung, telah menyadari hal tersebut, dan mengimplementasikannya pada perangkat flagshipnya.

Perangkat smartphone high-end Samsung tipe Galaxy telah hadir dengan model dasar ruang penyimpanan 16GB. Lebih dari itu, Samsung juga menyediakan slot microSD untuk perangkatnya.

Baca Juga:  Nama Motorola Resmi Tidak Digunakan Lagi Lenovo

Bahkan, pada perangkat teranyarnya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge, meski membuang slot memori, Samsung meng-upgrade model dasar dengan kapasitas 32GB.

Apple diperkiarakan akan mengadopsi langkah yang sama untuk iPhone 6S dan iPhone 6S Plus-nya.

Meski demikian, hal itu belum dapat benar-benar dipastikan hingga Apple resmi meluncurkan kedua perangkat tersebut pada September mendatang, demikian Phone Arena.

loading...