HARIANACEH.co.id — Anda masih ingat kejadian penyerangan Majelis Az Zikra yang dipimpin oleh Ustadz Arifin Ilham yang berada di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada bulan Februari 2015 silam? Dugaan waktu itu pelaku tindakan anarkis itu dilakukan oleh Kelompok Syi’ah di tanah air.

Kelompok Syi’ah sering menjadi korban kekerasan di Indonesia karena dianggap melenceng dari ajaran Islam. Bahkan, beberapa penganut Syi’ah dibantai hingga diusir dari kampungnya. Kasus-kasus seperti ini juga sempat pernah terjadi di Sampang, Madura, Jawa Timur.

Beberapa tokoh di belakang aliran Syi’ah terus memperjuangkan kelompok aliran ini agar diakui ekstistensinya di Indonesia. Berikut ini adalah 6 tokoh yang sangat dikenal sebagai penganut Syi’ah di Indonesia. Ayo kita lihat siapa-siapa saja mereka?

Kembali
Selanjutnya

Jalaludin Rakhmat

Jalaluddin Rakhmat
Jalaluddin Rakhmat, Tokoh Aliran Syi’ah di Indonesia. (TEMPO)

Jalaluddin Rakhmat saat ini tercatat sebagai anggota DPR RI. Pria yang akrab disapa Kang Jalal itu dikenal sebagai pakar komunikasi pada akhir tahun 1980-an. Sampai saat ini Kang Jalal masih menjadi pengajar di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Kang Jalal disebut-sebut sebagai tokoh sentral Syi’ah Indonesia.

Pendiri dan pimpinan SMA Muthahhari, Bandung ini juga menjadi pendiri Islamic Cultural Center (ICC) Jakarta bersama Dr. Haidar Bagir. Kang Jalal menjabat sebagi Ketua Dewan Syura Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) yang kini sudah mempunyai hampir 100 Pengurus Daerah di seluruh Indonesia dengan jumlah anggota sekitar 2,5 juta orang.

Baca Juga:  Tumbuhan Bertasbih Kepada Allah, Ini Pengakuan Prof. William Brown

Selain itu Kang Jalal mendirikan Pusat Kajian Tasawuf (PKT): Tazkia Sejati, OASE-Bayt Aqila, Islamic College for Advanced Studies (ICAS-Paramadina), Islamic Cultural Center (ICC) di Jakarta, PKT Misykat di Bandung. Semua lembaga tersebut disebut-sebut sebagai organisasi Syi’ah.

Kembali
Selanjutnya
loading...